Ciri-ciri Iklan Beserta Tujuan dan Jenis-jenisnya

Destiara Anggita Putri
9 Oktober 2023, 14:05
Ciri-Ciri Iklan
Freepik
Ilustrasi, iklan.

Di zaman modern ini, iklan masih kerap digunakan sebagai alat  komunikasi yang bersifat non-pribadi dan biasanya mudah dijumpai di media massa atau sosial media.

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan memiliki dua pengertian. Pertama, iklan merupakan berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Kedua, iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Jika dilihat dari pengertian tersebut, iklan merupakan pesan untuk menawarkan sebuah produk tertentu. Iklan sendiri memilliki ciri-ciri yang perlu diperhatikan agar proses pembuatannya lebih mudah dilakukan.

Lantas, apa saja ciri-ciri iklan? Berikut dibawah ini informasinya.

Ciri-ciri Iklan

Dilansir dari laman Brain Academy, berikut ini beberapa ciri-ciri iklan:

Ciri-Ciri Iklan
Ciri-ciri Iklan (Pexels)

1. Menggunakan Kata-kata Singkat

Kata-kata singkat dalam iklan bertujuan agar pesan dapat disampaikan secara efektif.

2. Pemilihan Kata Bersifat Sugestif

Pemilihan kata atau diksi yang bersifat sugestif ini bertujuan untuk mempengaruhi para konsumen agar tertarik dengan produk yang ditawarkan.

3. Bersifat informatif

Penyampaian informasi secara padat, jelas, dan tidak menyinggung pihak lain.

4. Tertarget

Memiliki target pasar (segmentasi) yang jelas agar distribusi produk lebih efektif.

Tujuan Iklan

Pembuatan iklan dilakukan untuk meraih beberapa tujuan tertentu, yaitu:

1. Informing (Memberi Informasi)

Tujuan pertama yaitu untuk memberitahukan pasar tentang suatu produk baru serta perubahan harga, menyusulkan kegunaan suatu produk baru menjelaskan cara kerja, dan membangun citra perusahaan.

2. Persuading (Membujuk)

Tujuan berikutnya yaitu untuk membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen tentang atribut produk, membujuk konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan dan mangajak konsumen untuk membelinya sekarang.

3. Reminding (Mengingatkan)

Iklan juga bertujuan untuk melindungi agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen serta meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada.

4. Adding Value (Penambahan Nilai)

Tujuan iklan berikutnya yaitu untuk memberi nilai tambah yang berupa inovasi, penyempurnaan kualitas atau mengubah persepsi konsumen. Periklanan yang efektif dapat merubah persepsi dari konsumen.

5. Assisting (Mendampingi)

Terakhir, iklan bertujuan sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran. Sehingga perusahaan dapat lebih cepat mencapai target yang diinginkan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement