Soal dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 212 - 214
Dalam mata pelajaran matematika atau MTK kelas 9, siswa akan mempelajari tentang kekongkruen bagun datar. Ini merupakan kondisi ketika dua bangun datar mempunyai ukuran yang sama dan bisa dikatakan sebangun.
Untuk bisa menguasai materi ini, siswa bisa belajar dengan cara berlatih soal serta kunci jawabannya yang ada pada halaman 212 hingga 214 yang tercantum dalam Bab 4 yang berjudul Kekongruenan dan Kesebangunan.
Nantinya siswa akan diminta untuk mengerjakan Latihan 4.1 Kekongruenan Bangun Datar. Dalam praktiknya, siswa harus terlebih dahulu menjawab soal yang disiapkan sebelum menengok hasil kunci jawaban.
Untuk lebih jelasnya, simak soal dan kunci jawaban matematika kelas 9 di bawah ini.
Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 212, 213, dan 214
Berikut ini soal beserta kunci jawaban matematika halaman 212 hingga 214 yang bisa dijadikan bahan belajar siswa kelas 9.
Halaman 212
Latihan 4.1 Kekongruenan Bangun Datar
1. Manakah di antara gambar di bawah ini yang kongruen?
Jawaban:
- a dengan j
- b dengan i
- c dengan f
- d dengan g
- e dengan h
2. Manakah di antara gambar di bawah ini yang kongruen?
awaban:
- a dengan d dan h
- b dengan e dan i
- c dengan f dan g
Halaman 213
3. Apakah menurutmu pensil warna pada gambar di samping ini kongruen? Jelaskan.
Jawaban:
- Pensil-pensil tersebut kongruen jika ternyata ukuran dan bentuknya sama.
- Pensil-pensil tersebut tidak kongruen jika ternyata ukuran dan bentuknya berbeda.
4. Tuliskan pasangan bangun yang kongruen.
Tuliskan langkahmu menentukan bangun tersebut, digeser (translasi), diputar
(rotasi), atau gabungannya?
Jawaban:
A – D – M, I – L, dan C – O
- Bangun trapesium A dengan bangun trapesium B (digeser)
- Bangun trapesium A dengan bangun trapesium M (diputar 180⁰)
- Bangun trapesium B dengan bangun trapesium M (diputar 180⁰)
- Bangun segitiga I dengan bangun segitiga L (diputar 90⁰ berlawanan arah jarum jam)
- Bangun segitiga J dengan bangun segitiga O (diputar 180⁰)
5. Berikut ini adalah pasangan bangun yang kongruen. Tuliskan sisi-sisi dan sudut-sudut yang bersesuaian.
Jawaban:
(i) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = NO, BC = OM, AC = NM
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠N, ∠B = ∠O, ∠C = ∠M
(ii) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = MN, BC = NO, CD = OP, DA = PM
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠M, ∠B = ∠N, ∠C = ∠O, ∠D = ∠P
(iii) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = DE, BC = EF, AC = DF
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠D, ∠B = ∠E, ∠C = ∠F
(iv) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = JK, BC = KL, CD = LM, DA = MJ
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠J, ∠B = ∠K, ∠C = ∠L, ∠D = ∠M
(v) Sisi-sisi yang bersesuaian: JK = SR, KL = RQ, LM = QV, MN = VT, NJ = TS,
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠J = ∠S, ∠K = ∠R, ∠L = ∠Q, ∠M = ∠V, ∠N = ∠T
(vi) Sisi-sisi yang bersesuaian: PQ = VW, QR = VZ, RS = ZY, ST = YX, TP = XW
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠P = ∠W, ∠Q = ∠V, ∠R = ∠Z, ∠S = ∠Y, ∠T = ∠X
Halaman 214
6. Manakah belah ketupat di bawah ini yang kongruen? Jelaskan
Jawaban:
Gambar (a) dan (c) karena sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudutsudut yang bersesuaian sama besar.
Alasannya karena sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.
7. Diketahui trapesium ABCD dan trapesium FEHG adalah kongruen.
Jika panjang sisi AD = 12 cm, DC = 13 cm dan EF = 22 cm maka tentukan panjang EH.
Jawaban:
c2 = a2 + b2
c = √a2 + b2 = √92 + 122 = 15 cm.
Maka, panjang EH = 15 cm.
8. Perhatikan gambar berikut ini.
Jika dua gambar di samping kongruen, tentukan nilai u dan v pada gambar tersebut.
Jawaban: ∠u = 75o dan ∠v = 70o
9. Perhatikan dua gambar rumah tampak dari depan yang kongruen berikut ini.
a. Tentukan sisi-sisi yang bersesuaian.
Jawaban: Besar ∠A = ∠J, ∠B = ∠K, ∠C = ∠L, ∠D = ∠M, ∠E = ∠N
c. Berapa panjang KJ, KL, dan LM?
Jawaban: Keliling JKLMN = 26 m, luas JKLMN = 44 m2
Demikian soal dan kunci jawaban dari mata pelajaran matematika kelas 9 halaman 212 hingga 214. Dengan mempelajari soal dan kunci jawaban di atas, siswa diharapkan bisa lebih memahami materi Kekongruenan Bangun Datar.