Tempat Wisata Alam Ranca Upas Bandung

Siti Nur Aeni
8 Juni 2021, 16:25
Alternatif tempat wisata alam lain, selain tempat wisata alam Ranca Upas Bandung
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj.
Alternatif tempat wisata alam lain, selain tempat wisata alam Ranca Upas Bandung.

Berwisata di tempat yang dekat dengan alam menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Kini banyak sekali pengembagan pariwisata yang memanfaatkan kearifan lokal, salah satunya dengan pengembangan wisata alam.

Sudah banyak daerah yang mencoba peruntungan dengan membuka tempat wisata dengan memanfaatkan kekayaan alam yang dimilikinya. Salah satunya terletak di Bandung yakni wisata alam Ranca Upas Bandung.

Advertisement

Bagi yang tinggal di Bandung mungkin tempat wisata ini tidak asing. Namun untuk mereka yang berasal dari daerah lain dan belum mengetahui tentang Ranca Upas, ada baiknya menyimak penjelasan berikut ini.

Tempat Wisata Alam Ranca Upas Bandung

Ranca Upas merupakan destinasi wisata alam yang banyak digemari masyrakat Bandung maupun yang berasal dari luar kota itu. Tempat ini berada di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ranca Upas sering disebut pula sebagai Kampung Cai. Tempat wisata Ranca Upas merupakan bumi perkemahan yang berada di ketinggian 1.700 mdpl dengan luas area kurang lebih 215 hektare. Di ketinggian ini, suhu di sana cukup dingin. Pada siang hari, suhu di bumi perkemahan ini 17 - 20 derajat celcius, dan malamnya bisa 0 derajat celcius.

Seperti tempat wisata alam lainnya, Ranca Upas menyajikan pemandangan asri khas daerah pegunungan dengan pepohonan rindang dan hijau serta bukit-bukit yang indah. Jika beruntung, Kamu juga dapat menyaksikan kabut di pagi sekitar pukul 05.00-07.00 WIB. Kabut yang menutupi lapangan luas menjadi daya tarik tersendiri.

Kabut tebal yang muncul di pagi hari membuat udara di tempat tersebut semakin segar. Banyak wisatawan yang menjadikan kabut sebagai objek foto, terlebih saat cahaya matahari mulai menembus kabut, hasil jepretan foto semakin indah dan dramatis.

Ranca Upas juga dikelilingi kawasan hutan lindung. Tempat tersebut pun memiliki banyak keanekaragaman flora dan fauna. Beberapa flora ini di antaranya pohon huru, pohon hamirug, puspa, pasang, kurai, kitambang, dan kihujang. Sementara fauna di tempat mulai dari jenis burung sampai satwa jinak lain.

Pengelola dari bumi perkemahan Ranca Upas Bandung ini adalah Perhutani KPH Bandung Selatan yang menjadi bagian dari Perhutani Unit III Jawa Barat sehingga secara resmi, tempat wisata alam Ranca Upas ini merupakan tempat wisata milik negara dengan pengelolanya adalah Perhutani.

Tempat ini cocok untuk wisatawan yang datang bersama keluarga atau para pemuda yang datang untuk camping bersama dengan teman-teman. Tempat ini juga cocok untuk dijadikan bumi perkemahan sekolah-sekolah. Namun saat ini aktivitas di tempat wisata ini banyak pembatasan.

Di tengah pandemi seperti ini, sebenarnya tempat wisata alam Ranca Upas Bandung tetap buka. Akan tetapi segala aktivitas yang terdapat di tempat wisata tersebut harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Beberapa peraturan terbaru yang terdapat di tempat wisata tersebut diantaranya:

  1. Lokasi wisata dibuka terbatas yakni dengan jam operasional mulai dari pukul 06.00 sampai pukul 17.00 WIB saja.
  2. Kapasitas pengunjung dibatasi. Pengunjung paling banyak hanya 50% dari kapasitas pengunjung yang ada di Ranca Upas.
  3. Kegiatan camping atau kemah di tempat tersebut tetap dapat dilakukan baik secara individu atau keluarga dengan syarat kapasitasnya hanya 50% dan melaporan kepada satgas penganggulangan Covid-19 dari kecamatan setempat.
  4. Acara atau event yang menimbulkan kerumunan banyak orang tidak boleh dilaksanakan.
  5. Untuk aktifitas camping yang sidatnya komunitas diberhentikan untuk sementara waktu.

Peraturan tersebut terbit pada 10 Maret 2021 yang lalu dan dapat berubah menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada saat ini. Pengelola tempat wisata Ranca Upas meminta para pengunjungi untuk dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik selama di tempat wisata tersebut dan mematuhi seluruh peraturan yang berlaku demi kebaikan bersama.

Akses Masuk Tempat Camping di Wisata Alam Ranca Upas Bandung

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Ranca Upas sering kali dijadikan sebagai tempat camping atau berkemah. Untuk sampai di tempat camping yang ada di wisata ini cukup mudah. Akses masuk tersebut dapat dilalui dari Jalan Provinsi Ciwidey Rancabali, setelah akan melewati pintu gerbang kawah putih dan Emte Highland resort.

Dari gerbang utama tersebut akses masuk kurang lebih sekitar 200 meter dan dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua sampai roda enam. Akses mudah tersebut membuat siapa saja dapat masuk dan mengunjungi Ranca Upas khususnya tempat untuk camping-nya.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement