Penyaluran Subsidi Motor Listrik Lambat, Ini Penyebabnya

Nadya Zahira
17 Mei 2023, 21:14
Penyaluran Subsidi Motor Listrik Lambat, Ini Penyebabnya
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Pengunjung mencoba kendaraan mobil dengan energi listrik saat pameran di Balaikota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022). Pameran kendaraan motor dan mobil dengan menggunakan energi listrik tersebut bertujuan untuk mengenalkan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan kepada masyarakat.

PT Surveyor Indonesia selaku pihak verifikator subsidi motor listrik mengungkapkan, penyaluran subsidi motor listrik masih lambat akibat sistem verifikasi baru bisa berjalan efektif per 10 Mei 2023.

Direktur Komersial PT Surveyor Indonesia Saifuddin Wijaya mengakui, sampai saat ini pun baru ada 114 unit motor listrik yang terverifikasi mendapatkan subsidi. Padahal pemerintah memberikan kuota subsidi motor listrik untuk masyarakat sebanyak 200 ribu unit hingga akhir 2023. 

"Jadi sistem kami memang baru berjalan efektif pada 10 Mei kemarin, maka terlihat belum banyak peminat pembeli dari motor listrik ini," ujar Saifuddin dalam konferensi pers di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (17/5).

Saifuddin mengungkapkan, terdapat beberapa faktor yang membuat sistem verifikasi yang dibuat oleh pihaknya menjadi lama terbentuk. Salah satunya, motor listrik yang mendapatkan subsidi harus memiliki unsur dalam negeri atau TKDN sebesar 40%.

"Sedangkan verifikasi untuk TKDN itu memakan waktu," ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini baru ada 10 pabrikan yang siap menyalurkan motor listrik subsidi, serta 226 dealer resmi yang menjual motor listrik subsidi. Dealer tersebut tentunya sudah memenuhi kriteria yang telah dibuat oleh Kementerian Perindustrian.

Kemudian dia mengatakan, faktor lainnya yang membuat sistem verifikasi menjadi lama terbentuk akibat setiap pabrikan motor listrik harus menunjuk dealer resmi. Namun dealer resmi tersebut harus diverifikasi terlebih dahulu, hal itu kembali memakan waktu.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...