DPP Golkar Bantah Keterlibatan Airlangga di Keributan GMPG

Ade Rosman
26 Juli 2023, 20:09
DPP Golkar Bantah Keterlibatan Airlangga di Keributan GMPG
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan sambutan dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Partai Golkar tahun 2023 di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (4/6/2023). Rapat yang dihadiri pengurus DPD dari seluruh Indonesia tersebut mengangkat tema Bersama Menangkan Hati Rakyat Majukan Indonesia.

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono membantah keterlibatan Airlangga Hartarto dalam keributan yang terjadi pada agenda diskusi Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) bertajuk 'Selamatkan Partai Golkar! Menuju Kemenangan Pileg 2024'. Agenda tersebut berlangsung di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/7).

"Pak Airlangga tidak pernah memberikan instruksi seperti itu dan juga memang tidak ada agenda acara partai hari ini di lokasi tersebut," kata Dave saat dihubungi awak media, Rabu (26/7).

Ia mengatakan, semua kegiatan Partai Golkar harus dijadwalkan oleh Sekretaris Jenderal. "Di luar itu, berarti giat liar," katanya.

Adapun pada agenda yang diinisiasi oleh GMPG itu, segerombolan massa membuat ricuh ketika acara belum dimulai.

Inisiator GMPG Almanzo Bonara menyebut, sekumpulan orang yang berniat membubarkan agenda diskusi itu mengatasnamakan Angkatan Muda Partai Golkar atau AMPG.

"Tadi sempat disebutkan bahwa ini diarahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto," kata Almanzo di restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/7).

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di lokasi, sekitar pukul 14.10 WIB terjadi keributan di luar lokasi. Segerombolan orang berpakaian bebas melakukan aksi premanisme dan mengaku kader Partai Golkar. Gerombolan itu kemudian meminta para awak media yang tengah mengambil gambar untuk menghentikan kerja jurnalistik. Salah seorang kameramen TV pun dipukul saat tengah mengambil gambar.

"Kamera dipukul, sama dagu saya juga kena pukul," kata jurnalis tersebut.  Kondisi di lokasi sempat menurun tensinya, sebelum beberapa waktu kemudian kembali memanas. Kelompok yang mendesak pembubaran acara kemudian mengusir media sampai melempar kursi ke arah awak media yang ada di lokasi.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...