Komunitas Disabilitas Berharap Pemerintah Pro-aktif Percepat Vaksinasi

Image title
Oleh Maesaroh
15 Agustus 2021, 13:18
disabilitas, vaksinasi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada penyandang tuna daksa di Rumah Bisabillitas, Denpasar, Bali, Minggu (9/5/2021). Pemerintah Kota Denpasar menggelar vaksinasi bagi penyandang disabilitas yang diikuti 384 orang untuk pencegahan penyebaran COVID-19 sekaligus percepatan Bali bebas COVID-19.

Komunitas disabilitas meminta pemerintah untuk lebih pro-aktif dalam mengkampanyekan program vaksinasi Covid-19  serta mempercepat pelaksanaan vaksinasi  kepada komunitas mereka. Kampanye yang benar akan menjauhkan komunitas disabilitas dari serbuan hoax sementara percepatan program vaksinasi akan membantu terbentuknya herd community. 

Muhammad Joni Yulianto dari Sasana Inklusi & Gerakan Advokasi Disabilitas (SIGAB) mengatakan salah satu persoalan besar dalam pelaksanaan vaksinasi kepada kaum disabilitas adalah minimnya informasi yang tersampaikan. Joni menambahkan materi komunikasi ataupun cara mengkampanyekan program vaksinasi yang ada saat ini masih sangat general dan lebih ditujukan ke masyarakat umum. Dia pun berharap pemerintah menciptakan sarana kampanye yang lebih informatif kepada komunitas disabilitas mengingat mereka memiliki keterbatasan yang beragam.

"Ada teman-teman yang tuli, ada yang down syndrome dan ada yang memiliki keterbatasan lainnya. Kondisinya memang sangat individual sehingga memang ada hambatan tersendiri dalam materi komunikasi," tutur Joni kepada Katadata, Jumat (13/8).

Joni menjelaskan materi komunikasi seharusnya menyentuh persoalan yang menjadi perhatian komunitas disabilitas, seperti apakah aman bagi penyandang disabilitas dengan penyakit tertentu melakukan vaksinasi. Dia menambahkan minimnya informasi yang tersampaikan dengan benar inilah yang membuat mereka sangat rentan dengan hoax. Persoalan ini diperburuk dengan sedikitnya petugas medis yang bisa menjalin komunikasi dengan komunitas disabilitas sehingga kampanye terkait vaksinasi sering terhambat.

"Yang mengherankan itu, kenapa ya hoax begitu cepat sampai," ujarnya.

Selain materi berkomunikasi, Joni berharap pemerintah lebih pro-aktif dalam menjangkau keberadaan penyandang disabilitas. Pasalnya, komunitas disabilitas memiliki keterbatasan mobilitas sehingga tanpa bantuan, percepatan vaksinasi sulit terpenuhi.  Menurutnya, mtode vaksinasi keliling bisa memudahkan pemerintah untuk menjangkau penyandang disabilitas.

"Yang paling mudah dan dekat kan puskesmas. Puskesmas bisa lebih aktif mencari tahu berapa penyandang disabilitas yang ada di situ.  Ada dari mereka yang mobilitasnya memang sulit, daripada harus dievakuasi dengan membawa banyak pendamping mending vaksinator nya yang datang," tuturnya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...