Vaksin Johnson & Johnson Tiba September, Menkes: Cukup 1 kali Suntik

Rizky Alika
25 Agustus 2021, 13:18
vaksin, vaksin corona, Covid-19, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.
Seorang Warga Negara Asing (WNA) mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta, Selasa (24/8/2021). Sebanyak 300 WNA menjalani vaksinasi dosis pertama yang difasilitasi oleh Pemprov DKI Jakarta dan Kamar Dagang dan Industri DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

Indonesia akan mendatangkan  kembali satu merk vaksin Covid-19 yang berbeda, yakni Johnson & Johnson. Kepastian tersebut disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Dia mengatakan vaksin Johnson & Johnson akan tiba di tanah air pada September mendatang.

"Kita akan kedatangan Johnson & Johnson dari Belanda, grant (hibah). Harusnya akan datang, itu tegeser ke bulan depan," kata Budi dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/8).

Berbeda dengan vaksin lain,  Budi Gunadi menjelaskan Johnson & Johnson cukup disuntik sebanyak satu kali. Vaksin tersebut dikembangkan oleh Janssen Vaccines di Leiden, Belanda. Dia pun memastikan, perlu seni tersendiri untuk menyuntik vaksin ke masyarakat. Sebab, Indonesia mulai memiliki beragam jenis vaksin mulai pekan depan.

Selain Johnson & Johnson, pada September nanti, Indonesia juga kembali menerima Pfizer, AstraZeneca dan Sinovac. Pada pekan pertama September, jumlah Pfizer yang akan tiba di tanah air sebanyak 1,19 juta dosis, AstraZeneca 1,2 juta dosis, dam Coronavac 5 juta dosis.

Kemudian pada pekan kedua, vaksin Pfizer kembali tiba sebanyak 1,7 juta dosis, AstraZeneca 1,2 juta dosis, dan CoronaVac 5 juta dosis. Selanjutnya di pekan ketiga, Pfizer akan dikirim sejumlah 852,9 ribu dosis, AstraZeneca 1,2 juta dosis, dan Coronavac 5 juta dosis.

Untuk pekan keempat, vaksin yang akan mendarat di RI ialah AstraZeneca 1,2 juta dosis dan CoronaVac 5 juta dosis. Pada pekan terakhir, vaksin yang tiba ialah Pfize 3,3 juta dosis dan Coronavax 5 juta dosis.

Di luar itu, ada pula vaksin yang dikirim melalui skema Covax/GAVI Multilateral sebanyak 19,3 juta dosis dan grant bilateral 500 ribu dosis sepanjang September.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...