Jokowi Akan Resmikan Bendungan Way Sekampung dan Vaksinasi di Lampung

Rizky Alika
2 September 2021, 09:53
Jokowi, bendungan
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Petugas berjaga di Bendungan Way Sekampung saat kunjungan Wakil Presiden Maruf Amin di Pringsewu, Lampung, Senin (22/3/2021).Bendungan Way Sekampung y akan diresmikan Presiden Jokowi hari ini.

Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, bertolak menuju Lampung untuk melakukan kunjungan kerja hari ini, Kamis (2/9). Dalam kunjungannya, Jokowi akan meresmikan Bendungan Way Sekampung Lampung dan meninjau vaksinasi.

Presiden bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Rombongan pun mendarat di Bandar Udara Radin Inten II, Kabupaten Lampung Selatan.

Bendungan Way Sekampung, Pringsewu, akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi DI Sekampung seluas 55.373 hektare dan menambah areal irigasi DI Rumbia Extension seluas 17.334 hektare.

Dengan dibangunnya jaringan irigasi tersebut, diharapkan dapat membantu petani untuk meningkatkan intensitas tanam 270% dari jika dibandingkan dengan metode tadah hujan yang hanya satu kali dalam setahun. 

Selain mendukung kebutuhan air irigasi di Provinsi Lampung, selesainya Bendungan Way Sekampung juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedia air baku untuk Kota Bandar Lampung, Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan sebesar 2.482 liter/detik, potensi tenaga listrik sebesar 5,4 MW, mereduksi banjir sebesar 185 m3/detik serta menjadi objek wisata di Kabupaten Pringsewu. 

Anggaran untuk membangun bendungan tersebut mencapai Rp 2,07 triliun.

 Sebelum meresmikan jembatan, Presiden Jokowi terlebih dahulu akan meninjau program vaksinasi di beberapa lokasi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...