Indonesia Ekspor Antigen Rapid Test ke Thailand dan Irlandia

Cahya Puteri Abdi Rabbi
8 September 2021, 08:16
Indonesia, ekspor, antigen
Kementerian Perindustrian
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) pada acara Peresmian Ekspor Produk Covid-19 Antigen Rapid Test Cassette PT. Taishan Alkes Indonesia ke Negara Thailand dan Irlandia yang dilaksanakan di Jakarta, Selasa (7/9).

 PT. Taishan Alkes Indonesia mengekspor produk Antigen Rapid Tes ke Thailand dan Irlandia, pada Selasa (7/9).  Pelepasan ekspor pertama langsung dilakukan oleh  Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Keberhasilan Taishan Alkes Indonesia menembus pasar Thailand dan Irlandia diapresiasi penuh Agus Gumiwang.  Hal ini telah menunjukkan bahwa industri alat kesehatan dalam negeri memiliki daya saing hingga pasar global.

“Industri alat kesehatan adalah salah satu sektor prioritas yang menjadi perhatian pemerintah saat ini, terutama terkait dengan penanggulangan Covid-19 dan peningkatan penggunaan produk alat kesehatan dalam negeri,” kata  Agus Gumiwang  dalam keterangan resminya, Selasa (7/9).

Agus mengatakan, produk alkes Taishan memiliki daya saing dari sisi quality, cost, dan delivery dapat bersaing di pasar internasional. Harga dari produk Taishan ini juga sangat kompetitif untuk di pasar domestik dibanding produk impor. Ini membawa nilai tambah tersendiri bagi konsumen.

Kegiatan ekspor ini diharapkan menjadi awal yang baik bagi industri alat kesehatan dalam negeri untuk memperluas pasar hingga ke mancanegara.

“Kemenperin akan selalu mendukung upaya-upaya untuk peningkatan daya saing industri dan memajukan industri dalam negeri. Kami optimistis bahwa anak-anak bangsa kita bisa mewujudkannya,” kata dia.

 PT. Taishan Alkes Indonesia telah menanamkan investasinya di bidang alat kesehatan untuk menghasilkan produk Antigen Rapid Test Cassette dengan kapasitas produksi sebesar 1,2 juta per hari dan menyerap tenaga kerja hingga 1.000 orang.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...