Alkes Indonesia Diminati Saat Pameran di AS, Potensi Transaksi Rp150 M

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 September 2021, 07:46
Indonesia, AS, alkes
ANTARA FOTO/Ampelsa/hp.
Petugas menyemprotkan disinfektan pada sejumlah kardus berisi Alat Pelindung Diri (APD) dan Masker seusai diturunkan dari pesawat militer TNI-AU B 737 tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Sabtu (4/4/2020). Satuan Gugus Tugas COVID-19 Pusat mengirimkan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 3.000 Ea (60koli) dan masker sebanyak 15.000 Ea (7,5 koli) untuk kebutuhan petugas medis di sejumlah rumah sakit di Aceh dalam penanganan pasien COVID-19.

Produk-produk alat kesehatan (alkes) Indonesia berhasil minat pengunjung dan pembeli saat mengikuti pameran Florida International Medical Exposition (FIME) 2021 pada 1-3 September 2021 di Miami, Florida.  Potensi transaksi  alkes Indonesia dalam pameran tersebut diperkirakan mencapai Rp 150 miliar. 

Partisipasi Indonesia di pameran alkes tahunan terbesar di AS ini terlaksana atas kerja sama Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Los Angeles dan Atase Perdagangan Washington DC.

“Paviliun Indonesia berhasil memikat ribuan pengunjung, baik perorangan maupun dari perusahaan atau organisasi. Sebagai pameran perdana dalam bidang alkes, respon tersebut jauh melampaui ekspektasi,” ujar Kepala ITPC Los Angeles Bayu Nugroho dalam keterangan resminya, Senin (6/9).

FIME merupakan ajang berkumpulnya para pelaku industri medis dari seluruh dunia. Selain ajang pameran, FIME juga menggelar berbagai konferensi dan seminar untuk menambah pengetahuan para pengunjung mengenai industri alat kesehatan.

Dalam pameran ini, Indonesia menghadirkan tiga produsen alkes dan alat pelindung diri (APD) yang telah memiliki pengalaman ekspor serta memenuhi standar sertifikasi berbagai negara, yaitu PT Meditech Manufaktur Indonesia, PT Pan Brothers Tbk, serta PT Sugih Instrumendo (ABN).

Bayu mengatakan, selama pameran, para buyer semakin antusias setelah mencoba dan mengetahui kualitas produk yang ditampilkan.
"Tidak hanya buyer dari AS, tapi juga negara-negara Amerika Latin seperti Republik Dominika, Meksiko, serta Kolombia,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...