Kemenparekraf dan Kadin Bertukar Data Kembangkan Produk Pariwisata

Cahya Puteri Abdi Rabbi
20 September 2021, 18:55
Kemenparekraf, Pariwisata
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Petugas kepolisian berpatroli di jalur akses kawasan wisata Kuta, Badung, Bali, Senin (20/9/2021). Sejumlah akses jalan daerah tujuan wisata di wilayah Kuta dan Sanur Bali rencananya akan memberlakukan sistem ganjil-genap bagi kendaraan bermotor perseorangan roda dua dan roda empat pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya untuk mendukung pelaksanaan PPKM Level 3 serta mencegah penyebaran COVID-19 dalam kegiatan pariwisata. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menyepakati sejumlah kerja sama.  Langkah bergandeng tangan ini dalam upaya pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19.

Kesepakatan ini menjadi upaya Kemenparekraf dan Kadin dalam mengembangkan dan memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang mencakup destinasi-destinasi wisata dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di berbagai destinasi wisata, serta menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Kita harapkan kemitraan ini bisa menghasilkan terobosan-terobosan baru dan kita harus gerak cepat dan garap semua potensi yang ada,” kata Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Senin (20/9).

Adapun, ruang lingkup nota kesepakatan tersebut meliputi pengembangan produk wisata, pertukaran dan pemanfaatan data dan informasi, pelaksanaan pembinaan dan pemberian dukungan untuk riset, edukasi dalam bidang ekonomi kreatif, peningkatan kapasitas SDM pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Selain itu, kita harapkan kesepakatan ini juga bisa meningkatkan adopsi dari gerakan nasioanal bangga buatan Indonesia (Gernas BBI), membuka peluang bagi UMKM untuk berkembang, serta menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya,”  kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dan berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk  membuat action plan atau perencanaan dalam upaya pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Kadin sebagai rumah dari UMKM dan asosiasi usaha dan himpunan di Indonesia siap untuk bekerja sama dan kita pastikan ini bisa kami laksanakan, bukan hanya tanda tangan saja,” kata Arsjad.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...