Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal, Kunjungan ke Mal Bisa Naik 10%

Cahya Puteri Abdi Rabbi
21 September 2021, 15:09
mal, anak, kunjungan
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/wsj.
Warga mengunjungi pusat perbelanjaan Deli Park Mall di Medan, Sumatera Utara, Selasa (24/8/2021). Pusat perbelanjaan di Kota Medan kembali dibuka setelah sebelumnya ditutup akibat adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di daerah tersebut. ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/wsj.

Pemerintah kembali memberikan pelonggaran dalam perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 4 Oktober mendatang, dengan melakukan uji coba mengizinkan anak usia di bawah 12 tahun masuk ke mal dan pusat perbelanjaan. Pelonggaran tersebut diperkirakan bisa mendongrak kunjungan ke mal hingga 10%.

Ketua umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menyambut baik pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah, meski dilakukan secara bertahap dan berhati-hati.

“Pelonggaran tersebut sangat diperlukan oleh pusat perbelanjaan untuk bisa menggerakkan perekonomian khususnya untuk menggerakkan kondisi usaha pusat perbelanjaan melalui peningkatan tingkat kunjungan,” kata Alphonzus kepada Katadata, Selasa (21/9).

 Saat ini kondisi di dalam pusat perbelanjaan sudah jauh lebih aman dan lebih sehat dikarenakan semua pengunjung yang berada di dalam pusat perbelanjaan sudah divaksinasi, seiring dengan adanya pemberlakuan protokol wajib vaksinasi yang pemeriksaannya dilakukan melalui scan QR code di aplikasi PeduliLindungi.

 Alphonzus memperkirakan bahwa pelonggaran ini akan mendongkrak tingkat kunjungan ke pusat belanja sebanyak 10%. Oleh karena itu, ia mengharapkan dalam waktu tidak terlalu lama anak usia di bawah 12 tahun dapat memasuki semua pusat perbelanjaan yang berada di wilayah lain selain Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya.

Kunjungan keluarga ke mal biasanya juga menjadi ajang rekreasi dan bersantai keluarga bersama, termasuk anak-anak. Mal menawarkan berbagai sarana permainan anak yang mengundang daya tarik tersendiri.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...