Covid-19 Turun, Kunjungan Wisman Melonjak Dua Kali Lipat Tahun Depan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
27 September 2021, 14:15
Covid-19, wisman
Kemenparekraf
Pemerintah terus mematangkan rencana pembukaan Bali untuk Wisman

Pandemi Covid-19 diperkirakan akan terus melandai pada tahun depan.  Kondisi tersebut akan membantu mendongrak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.  Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)  pun diperkirakan naik dua kali lipat di tahun 2021.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) optimis sudah ada 1,8 – 3,6  juta wisman yang akan berkunjung ke Indonesia pada tahun 2022. Angka tersebut naik lebih dari dua kali lipat dari jumlah wisman yang diperkirakan mengunjungi Indonesia pada tahun ini yakni 1,5 juta.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, periode Januari-Juli 2021, jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia mencapai 938 ribu. Sebelum pandemi, angka kunjungan wisman ke Indonesia bergerak di level 15 juta.

 Dengan semakin banyaknya wisman, pemerintah juga optimis akan ada devisa dari kunjungan wisman  sebesar  US$0,47-1,7  miliar pada tahun 2022. Angka itu jauh lebih tinggi dibandingkan US$ 0,36-0,37  miliar pada tahun ini.

Sementara itu, devisa ekspor dari ekonomi kreatif duperkirakan akan naik menjadi Rp 16,83 triliun di 2022, lebih tinggi dibandingkam perkiraan untuk tahun ini yakni Rp 15,95 triliun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mengalami kontraksi yang sangat hebat pada 2020.

Namun, saat ini pemulihan tengah berlangsung, salah satunya dengan menggencarkan vaksinasi terutama di kota yang merupakan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) .

“Ada secercah harapan di tengah melandainya Covid-19, kita bisa membuka kelangsungan usaha dan kembali menggiatkan lapangan kerja yang terbuka seluas-luasnya untuk masyarakat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga dalam Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021 secara virtual, Senin (27/9).

 Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan saat ini Indonesia sudah masuk dalam enam besar negara yang melakukan vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan data Kemenparekraf, empat provinsi destinasi wisata dengan tingkat vaksinasi dosis kedua tertinggi yakni DKI Jakarta dengan 73,79%, Bali 58,87%, Kep. Riau 41,17%, dan Yogyakarta 32,41%.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...