Amerika Serikat Bakal Tambah Kuota Visa Pelajar Indonesia

Image title
Oleh Maesaroh
29 September 2021, 20:22
Amerika Serikat, pelajar, Indonesia
usembassyjkt/instagram
Amerika Serikat akan menambah kuota pelajar untuk warga Indonesia

Pemerintah Amerika Serikat (AS) berjanji akan menambah kuota  visa bagi pelajar Indonesia yang berencana menuntut ilmu di Negara Paman Sam. AS juga akan memperluas jangkauan program beasiswa ataupun pertukaran pemuda/pelajar AS-Indonesia.

"Mengupayakan pelajar Indonesia agar bisa belajar di AS adalah prioritas utama kami. Dengan senang hati, kami umumkan bahwa kami akan mengeluarkan lebih banyak visa bagi pelajar Indonesia.  Kuota visa akan lebih banyak dibandingkan setahun sebelum pandemi,"tutur Dubes AS untuk Indonesia Sung Y. Kim, saat berbincang dengan wartawan, Rabu (29/9).

Namun, Kim tidak menjelaskan secara rinci berapa jumlah visa yang dikeluarkan Kedutaan AS.  Sebagai informasi, AS merupakan salah satu tujuan favorit pelajar Indonesia untuk menuntut ilmu.

Warga negara asing harus memilik Visa F1 untuk mengambil gelar sarjana atau pascasarjana. Mereka yang ingin mengambil sekolah non-akademik atau kejuruan harus memiliki Visa M.

AS memiliki sejumlah kampus yang sangat populer di dunia seperti Harvard University,  Standford University, Princeton University, hingga Massachusetts Institute of Technology.

Hingga kini, diperkirakan ada lebih dari 9.000 pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di Amerika Serikat.
"Kami juga akan memastikan bahwa pelajar Indonesia memiliki waktu yang cukup untuk sampai di Amerika Serikat dan bisa belajar tepat waktu," tutur tutur diplomat lulusan University of Pennsylvania dan Loyola University tersebut.

Situasi pandemi covid-19 memang menyulitkan bagi Kedutaan Besar AS untuk melakukan beberapa kegiatan terkait pendidikan seperti konseling pendidikan hingga pembelajaran bahasa Inggris.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...