Proyek Kereta ke Danau Toba dan Borobudur Tunggu Kepastian Anggaran

Cahya Puteri Abdi Rabbi
5 Oktober 2021, 17:41
Danau Toba, Borobudur, kereta
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Foto aerial Danau Toba dari kawasan wisata menara pandang Tele di Turpuk Limbong, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/2/2021). Pemerintah masih menunggu kepastian anggaran untuk membangun jalur kereta ke Danau Toba.

Dalam upaya mendukung sektor pariwisata Indonesia, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) berencana membangun jalur Kereta Api (KA) di dua Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), yakni KSPN Danau Toba di Sumatera Utara dan KSPN Borobudur di Jawa Tengah.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan mengatakan, saat ini progres rencana pembangunan jalur KA di KSPN Borobudurdan KSPN Danau Toba baru sampai pada tahap review studi kelayakan dan penetapan trase atau jalur KA. Tahap tersebut sudah dilaksanakan sejak 2020 lalu.

Setelah tahap tersebut selesai, prosesnya akan dilanjutkan dengan  penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) jalur KA menuju destinasi wisata tersebut.

Sebelumnya, rencana pembangunan ini sudah melewati tahap studi kelayakan dan investigasi Rancangan Dasar Jalur KA pada tahun 2018. Kemudian juga sudah melewati tahap Detail Engineering Design (DED) pada tahun 2019.

 Adapun proses selanjutnya yakni, pengadaan lahan direncanakan akan dimulai pada 2022. Untuk pelaksanaan konstruksi rencananya dilakukan pada 2024.

"Namun pengadaan lahan dan pelaksanaan konstruksi ini akan dilaksanakan kalau pemerintah pusat ada anggarannya. Karena sekarang itu sebagian besar anggaran diperuntukkan untuk penanganan Covid-19," kata Danto dalam sebuah webinar, Selasa (5/10). 

Danto menyebut, trase KA menuju KSPN Borobudur ini akan secara langsung menjadi bagian utuh dari trans Jawa. Trase ini akan menjadi alternatif pergerakan dari Semarang menuju Yogyakarta.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...