Luhut Minta Muatan Gim Online Lokal Ada Nilai Pancasila, Kenegaraan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
12 Oktober 2021, 14:05
Coffee Talk merupaka gim lokal buatan Toge Productions.
http://coffeetalk.info
Coffee Talk merupaka gim lokal buatan Toge Productions.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan minta pembuat gim online lokal untuk memasukkan unsur budaya Indonesia ataupun nilai-nilai pancasila ke dalam konten buatan mereka.

“(Gim online ini)Harus mengisi konten-konten mengenai pancasila, kebersamaan, kenegaraan, dan UUD 1945. Ini yang menyatukan kita,” kata Luhut dalam Grand Launching Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Timur di Samarinda, Selasa (12/10).

Dimasukkanya nilai-nilai tersebut dimaksudkan agar gim online tidak menjadi sesuatu yang dapat merusak dan membahayakan mental anak bangsa.

Sebaliknya, gim online yang dibuat harus dapat mendidik dan membangun persatuan dan kesatuan.

 "Gim ini jangan jadi addict yang merusak mental kita. (Gim) ini harus mendidik open mind, open heart, dan open will. Pesan kebersamaan agar kita bisa hidup berbeda tapi tidak perlu berkelahi,"tutur Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut.

Ke depan, industri gim online akan difokuskan ke dalam negeri. Pasalnya, keuntungan dari  industri gim online Indonesia  yang sangat besar di Indonesia kini lebih dinikmati asing.

"Tahun ini aja marketnya Rp24,4 triliun. Ini 97% kita import. Kita sudah siap untuk tutup. bandwitchnya kita kecilin. Semua harus buatan dalam negeri,"kata Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Tim Gernas BBI)  tersebut.

 Sebagaimana diketahui, pemerintah saat ini tengah serius menggarap industri gim online yang berpotensi mencapai US$ 2 miliar atau setara Rp 28,5 triliun.

Oleh karena itu, pemerintah mendorong industri gim online untuk dapat memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia. Terutama, agar produk gim lokal bisa tumbuh di dalam negeri.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...