Luhut Minta Muatan Gim Online Lokal Ada Nilai Pancasila, Kenegaraan

Luhut berharap gim online yang dibuat harus dapat mendidik dan membangun persatuan dan kesatuan.
Image title
12 Oktober 2021, 14:05
Coffee Talk merupaka gim lokal buatan Toge Productions.
http://coffeetalk.info
Coffee Talk merupaka gim lokal buatan Toge Productions.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan minta pembuat gim online lokal untuk memasukkan unsur budaya Indonesia ataupun nilai-nilai pancasila ke dalam konten buatan mereka.

“(Gim online ini)Harus mengisi konten-konten mengenai pancasila, kebersamaan, kenegaraan, dan UUD 1945. Ini yang menyatukan kita,” kata Luhut dalam Grand Launching Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Timur di Samarinda, Selasa (12/10).

Dimasukkanya nilai-nilai tersebut dimaksudkan agar gim online tidak menjadi sesuatu yang dapat merusak dan membahayakan mental anak bangsa.

Sebaliknya, gim online yang dibuat harus dapat mendidik dan membangun persatuan dan kesatuan.

 "Gim ini jangan jadi addict yang merusak mental kita. (Gim) ini harus mendidik open mind, open heart, dan open will. Pesan kebersamaan agar kita bisa hidup berbeda tapi tidak perlu berkelahi,"tutur Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut.

Ke depan, industri gim online akan difokuskan ke dalam negeri. Pasalnya, keuntungan dari  industri gim online Indonesia  yang sangat besar di Indonesia kini lebih dinikmati asing.

"Tahun ini aja marketnya Rp24,4 triliun. Ini 97% kita import. Kita sudah siap untuk tutup. bandwitchnya kita kecilin. Semua harus buatan dalam negeri,"kata Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Tim Gernas BBI)  tersebut.

 Sebagaimana diketahui, pemerintah saat ini tengah serius menggarap industri gim online yang berpotensi mencapai US$ 2 miliar atau setara Rp 28,5 triliun.

Oleh karena itu, pemerintah mendorong industri gim online untuk dapat memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia. Terutama, agar produk gim lokal bisa tumbuh di dalam negeri.

Potensi industri gim online di Indonesia dinilai sangat besar. Hal itu tercermin dari salah satu kreator gim lokal yang telah mempunyai komunitas dengan pengikut dalam jumlah banyak.

Produk gim online dalam negeri diharapkan dapat menjadi salah satu produk ekspor dengan kontribusi besar seperti di Korea Selatan. Pada tahun 2020, nilai ekspor produk gim online Korea ke penjuru dunia mencapai US$ 6,6 juta.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memastikan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan, terutama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memastikan bahwa pelaku industri gim online di Indonesia mendapat dukungan dan keberpihakan dari pemerintah.

 Sebelumnya, Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno mengatakan masyarakat Indonesia menghabiskan Rp 25-30 triliun rupiah untuk bermain gim online setiap tahunnya.

Namun, pengeluaran mereka hampir semuanya lari ke luar negeri karena masih terbatasnya pilihan gim lokal.

Indonesia sendiri menempati peringkat 16 dunia untuk pasar terbesar gim dunia, dan masih merupakan salah satu yang tumbuh tercepat di dunia. Namun, gim lokal Indonesia belum menang di negeri sendiri.

Ia memperkirakan hingga lima tahun ke depan Indonesia tetap hanya menjadi pasar. Sebab, sebagian besar uang yang berputar di industri game pergi ke luar negeri.

“Pada tahun 2020, sebanyak 99,5% dari Rp 25 triliun yang dihabiskan oleh masyarakat kita untuk bermain gim pergi ke luar negeri karena banyak yang lebih tertarik untuk memainkan gim buatan luar negeri,” kata Cipto dalam Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021 secara virtual, Selasa (28/9).

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait