Jokowi Hadiri Tiga KTT Dalam Sepekan Ke depan, Termasuk G20

Di KTT G20, Presiden Jokowi akan menerima estafet presidensi G20 untuk setahun ke depan.
Image title
Oleh Maesaroh
25 Oktober 2021, 22:27
Jokowi, G20, ASEAN
G20.0rg
G20

Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, akan menghadiri tiga konferensi tingkat tinggi (KTT) penting mulai besok (26/10) hingga 2 November mendatang.

Jokowi juga akan mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA) di awal November, yang akan menjadi kunjungan kenegaraan pertamanya selama pandemi Covid-19.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pada 26--28 OKtober, Presiden Jokowi akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-38 dan 39 secara virtual.

KTT ASEAN tahun ini menjadi penting karena merupakan KTT pertama di bawah Keketuaan Brunei Darussalam. 

"KTT ke-38 akan diselenggarakan back to back dengan KTT ke-39 dan seluruh rangkaian acara akan dilakukan secara virtual," tutur Retno, dalam konferensi pers, Senin (25/10).

 Presiden setidaknya akan menghadiri 13 pertemuan selama KTT ASEAN termasuk dalam pertemuan yang membahas kemitraan ASEAN-Amerika Serikat.

"Pak Presiden akan menyampaikan pidato kunci dalam ASEAN business summit,"papar Retno.

Setelah menghadiri KTT ASEAN, Presiden Jokowi akan mengikuti  KTT G20 Roma, Italia pada 30-31 Oktober.  Pada KTT G20 tahun ini, Indonesia akan menerima tongkat estafet presidensi dari Italia.

“"KTT G20 dinilai sangat penting bagi Indonesia karena Bapak Presiden yang akan menerima keketuaan G20 dari Italia untuk setahun ke depan," tutur Retno.

Mantan Duta Besar RI untuk Belanda tersebut mengatakan serah terima presidensi dari Italia kepada Indonesia akan dilakukan pada hari kedua KTT yakni 31 Oktober 2021. Keketuaan atau Presidensi  Indonesia di G20 akan dimulai per 1 Desember tahun ini.

 Dalam KTT G20, Jokowi akan menghadari tiga agenda penting yakni terkait global economy and global health, climate change and environment,  dan sustainable development.

Di sela-sela KTT, Presiden Jokowi juga diundang ke forum supporting small and medium enterprises (SMES) and women business .

Forum tersebut akan dihadiri Ratu Belanda Maxima, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi.

"KTT  G20 akan menghasilkan deklarasi terkait pemulihan ekonomi global dan penguatan kerja sama G20 di berbagai sektor mulai dari pembangunan berkelanjutan hingga kesehatan." tutur Retno.

Setelah KTT G20, Jokowi akan menghadiri  KTT Perubahan Iklim atau COP26 World Leaders Summit di Glasgow, Skotlandia.

KTT ini diselenggarakan pada tanggal 1-2 November dan dihadiri 120 kepala negara dan pemerintahan.

Jokowi akan menyampaikan national statement dan pernyataan bersama negara-negara kepulauan dan pulau kecil yang tergabung di dalam Archipelagic and Island States (AIS) Forum.

 Usai dari Glasgow,  Jokowi juga akan melakukan kunjungan bilateral ke UEA untuk menandatangani sejumlah kesepakatan kerja sama. 

Presiden juga akan menggelar pertemuan dengan Putra Mahkota Emirat Abu Dhabi Sheikh Mohamed bin Zayed atau MBZ  (MBZ) serta dengan Emir Dubai Mohammed bin Rashid atau MBR.




 

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait