RI Rayu Perusahaan Jerman Kembangkan Industri Semikonduktor Nasional

Cahya Puteri Abdi Rabbi
29 Oktober 2021, 10:26
Indonesia, Jerman, Cip, industri
Kementerian Perindustrian
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Toolcraft AG di Jerman.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan sejumlah pertemuan dengan para pelaku industri di Jerman, termasuk dengan Toolcraft AG. Perusahaan mesin tersebut diajak mengembangkan industri  semikondutor di tanah air.

Ajakan tersebut disampaikan Agus Gumiwang dalam kunjungannya ke Jerman. Toolcraft bukanlah nama asing untuk Indonesia.

Advertisement

Sebagai catatan, pada gelaran Hannover Messe 2021 Digital Edition April 2021 lalu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah memfasilitasi kerja sama antara perusahaan asal Indonesia PT. Yogya Presisi Teknikatama Industri (YPTI) dengan Toolcraft AG.

Kerja sama tersebut pengembangan industri kedirgantaraan dan alat kesehatan.

 Agus memaparkan, kerja sama YPTI dengan Toolcraft merupakan skema joint venture yang meliputi bidang teknologi mesin Computer Numerical Control (CNC) lanjutan dalam pembubutan, dan penggilingan dan pembubutan gilingan.

Juga dalam teknologi 3-D printing (additive manufacture) untuk logam, termasuk proses Laser Metal Deposition (LMD) dan Laser Metal Fusion (LMF), rekayasa digital dan e-learning termasuk virtual reality dan augmented reality, robotika dan otomatisasi, serta injection moulding plastik.

Kerja sama tersebut dapat mendukung penerapan teknologi industri 4.0 di Indonesia, serta mendorong Toolcraft AG untuk melakukan capacity building dan transfer teknologi.

Mantan Menteri Sosial tersebut berharap Toolcraft bisa berperan lebih besar lagi di industri tanah air dengan mengembangkan industri elektronik.

"Potensi berikutnya dari masuknya Toolcraft ke Indonesia adalah memperkuat basis industri elektronik di Indonesia, sehingga bisa menjadikan Indonesia sebagai salah satu supplier untuk industri semikonduktor," kata Agus dalam keterangan resminya, Kamis (28/10).

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement