Hati-hati, Asosiasi Akui Banyak Lab Dadakan Tawarkan Tes PCR

Image title
Oleh Maesaroh
2 November 2021, 16:38
tes PCR, antigen, pandemi, Covid-19
ANTARA FOTO/ Reno Esnir/foc.
Warga melakukan tes usap dengan sistem Polymerase Chain Reaction (PCR) di Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium, Jakarta, Kamis (28/10/2021). Pemerintah melalui Kemenkes menetapkan tarif tertinggi harga pemeriksaan PCR untuk mendeteksi COVID-19 menjadi Rp275 ribu di Jawa-Bali dan Rp300 ribu untuk luar Jawa dan Bali.

Gabungan Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium (Gakeslab) mengakui  banyak pelaku usaha yang mendadak terjun di bisnis alat kesehatan, membangun laboratorium dan menyediakan tes Covid-19 seperti Antigen dan Polymerase Chain Reaction (PCR) tanpa mengetahui nature bisnis sektor tersebut.

"Yang tadinya bisnis usahanya lain dan di masa pandemi ga berjalan, susah, mereka mencoba masuk bisnis ini,"tutur Sekretaris Jenderal Gakeslab Randy  Hendarto Teguh kepada Katadata, Selasa (2/11).

Dia menambahkan bukan tidak mungkin pelaku bisnis yang baru tersebut tergiur oleh produsen luar negeri yang menawarkan  stok dalam jumlah banyak agar harga lebih murah.

"Jangan-jangan mereka didorong produsen luar negeri. Banyak calo-calo dan mereka kurang mengerti. Saya tidak menutup kemungkinan ada banyak stok alat tes PCR yang berlebih. Karena mereka sudah komitmen beli banyak karena harga  murah,"tutur Randy.

 Dia mengatakan pelaku lama di bisnis alat kesehatan dan laboratorium kecil kemungkinannya menimbun stok alat kesehatan, seperti cairan reagen untuk tes PCR.

"Kita ga pernah tuh stok alat lebih karena kami aware selalu ada teknologi baru. Kasus bisa saja naik turun,"katanya.

Selain proses pembelian alat nya, Randy juga mengingatkan banyaknya laboratorium dadakan yang menawarkan tes PCR/Antigen tanpa mengetahui standar pelayanan.

"Banyak sekali lab-lab baru yang tadinya salon dan ruko. Padahal, ada standar Bios Safety Level yang harus dipenuhi laboratorium tersebut,"ujarnya.

Beberapa standar yang harus dipenuhi laboratorium tersebut di antaranya memiliki saluran udara, pintu laboratorium dapat menutup sendiri, vaccum yang digunakan dilengkapi dengan penjebak cairan desinfectant, ataupun peralatan meja kerja yang tahan panas.

Randy berharap pemerintah bisa melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap laboratorium penyedia tes PCR untuk memastikan mereka bekerja secara memadai.

"Itu ga murah investasinya. Pemerintah harus memastikan mekanismenya bekerja, bener ga itu diperiksa (spesimennya)?,"ujarnya.

 Berdasarkan data Bea dan Cukai Kementerian Keuangan menunjukan entitas yang melakukan importasi sebagian besar adalah perusahaan/swasta dengan persentase 88,16% disusul kemudian dengan lembaga non profit sebesar 6,04% baru kemudian pemerintah sebesar 5,81%.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), impor alat tes  termasuk cairan reagen menembus US$ 591, 93 juta atau Rp 8,4 triliun,  naik 90,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Impor terbesar dari Cina yakni sebesar US$190,89 juta atau 32% lebih dari total impor tes PCR disusul kemudian dengan Swedia dan Amerika Serikat.

Pemerintah pada Rabu (27/1) menurunkan harga tes PCR menjadi Rp 275-300 ribu.

Dengan demikian, sejak pandemi, harga tes juga berubah setidaknya empat kali dari Rp2,5 juta pada awal pandemi kemudian turun Rp900 pada Oktober 2020, kemudian turun menjadi Rp 495-525 ribu pada Agustus 2021 dan terakhir diturunkan ke  pada 27 Oktober lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...