Mengenal Tol Nganjuk, TKP Kecelakaan Vanessa Angel

Ruas tol Nganjuk yang beroperasi pada 2018 merupakan bagian dari Jalan Tol Ngawi-Kertosono.
Image title
4 November 2021, 19:47
tol, jalan tol, kecelakaan
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/nz
Petugas mengevakuasi mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672 arah Surabaya di Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021).

Polda Jawa Timur mengkonfirmasi terjadinya kecelakaan di Tol Nganjuk arah Jakarta Surabaya yang menewaskan Vanessa Angel dan suami Febri Andriansyah pada hari Kamis (4/11). Ruas tol yang beroperasi pada 2018 merupakan bagian dari Jalan Tol Ngawi-Kertosono.

Menurut keterangan pihak kepolisian, dua orang total tewas dalam mobil tersebut.

Tabrakan dengan beton pembatas jalan tol meninggalkan kendaraan terletak di bahu jalan. Tiga korban lainnya kini mendapat perawatan di RS Kertosono Nganjuk.

Tol Nganjuk merupakan bagian dari ruas Tol Ngawi-Kertosono yang membelah Provinsi Jawa Timur.

Advertisement

Secara keseluruhan, tol ini merupakan bagian dari Trans Jawa yang membentang dari Merak di Banten ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi di Jawa Timur.

 Exit Nganjuk berada di salah satu jalan tersebut yang menjadi titik keluar bagi pengguna tol yang hendak menuju Nganjuk, Kediri, dan  Blitar.

Berdasarkan keterangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Tol Ngawi-Kertosono selesai dibangun pada 2018.

Tol tersebut memiliki lima Gerbang Tol (GT) yakni GT Ngawi KM 579), GT Madiun KM 603, GT Caruban KM 611, GT Nganjuk KM 647, dan GT Bandar KM 672.

Tol ini juga dilengkapi dengan tiga Simpang Susun (SS) yang terkoneksi dengan wilayah yang dilalui seperti SS Madiun, SS Caruban, dan SS Nganjuk. 

Pada Ruas Tol Ngawi-Kertosono terdapat dua Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/rest area yakni TIP Km 597 (B) dan TIP Km 626 (A) yang dapat mendukung promosi produk lokal daerah yang dilalui jalan tol.

tol
Tol Ngawi-Kertosono  (KemenPUPR)




Jalan Tol Ngawi-Kertosono sendiri seluruhnya terdiri dari empat seksi dengan total panjang mencapai 87,02 km.

Proyek jalan tol di kawasan Nganjuk ditambah dengan  Jalan Tol Nganjuk - Kediri.

 Pemerintah bahkan memasukan proyek pembangunan Jalan Tol Nganjuk - Kediri sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional 2020.

Tol tersebut direncanakan akan merentang 20,75 km, dengan kebutuhan lahan estimasi seluas 190 Ha.

Pembangunan tol diharapkan bisa menghubungkan pusat-pusat perekonomian Jawa Timur bagian selatan juga membangun akses bandara yang akan dibangun di kota Kediri.

Jalan tol ini direncanakan akan mulai pembangunannya di akhir tahun 2021.

 Pengadaan lahan untuk proyek Jalan Tol Kertosono - Kediri ditargetkan selesai pada khir tahun 2021.

Sementara itu, pembangunan fisik diharapkan selesai pada tahun 2022.

 Tol Nganjuk-Kediri yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa diharapkan bisa mengintegrasikan kawasan-kawasan industri yang muncul di Ngawi dan Ngajuk. Hal ini juga mendukung akses ke tujuan pariwisata.

Tol tersebut disebut dapat memangkas biaya logistik dan waktu tempuh pengiriman barang sekaligus menumbuhkan titik perekonomian yang baru.
(amartya kejora)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait