Menlu AS Blinken Kunjungi Indonesia Pekan Depan, Bahas 6 Isu Penting

Image title
Oleh Maesaroh
6 Desember 2021, 15:32
Amerika, Amerika Sserikat, AS, kementerian luar negeri
@StateDept/twitter
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan mengunjungi Indonesia pada 13-14 Desember. Kunjungan Blinken akan membahas enam isu strategis, termasuk kerja sama investasi.

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa  Kementerian Luar Negeri (Kemlu) I Gede Ngurah Swajaya mengatakan enam isu strategis yang akan dibahas antara Blinken dan pemerintah Indonesia adalah kerja sama kesehatan, investasi, perdagangan, infrastruktur,  perubahan iklim, dan transformasi digital.

"Ada rencana Minister Blinken untuk menyampaikan policy speech, khususnya strategi di (kawasan) Indo Pasifik. Juga akan membahas kemajuan isu-isu strategis (Indonesia-Amerika Serikat)," tutur I Gede Ngurah, pada media briefing, Senin (6/12).

Di Indonesia, Blinken dijadwalkan akan bertemu dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi. Belum diketahui, apakah pejabat berusia 59 tahun tersebut akan menggelar pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

 Ngurah menambahkan ​Blinken juga akan menghadiri secara virtual Bali Democracy Forum pada 9 Desember. 

Kementerian Luar Negeri belum memberi detail mengenai kerja sama investasi apa yang akan ditandatangai oleh Indonesia dan Amerika Serikat saat Blinken berkunjung ke Jakarta.

Pada pertengahan November lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dua perusahaan farmasi asal AS yakni Merck (MSD) dan Pfizer berencana menanamkan investasi di Indonesia.

Luhut bertemu perwakilan perusahaan tersebut saat mengunjungi AS pada November lalu.

Direktur Jenderal Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemlu Febrian Alphyanto Ruddyard mengatakan Indonesia memang tengah menjajaki kerja sama dengan beberapa produsen vaksin dunia, termasuk dari Amerika Serikat.

Penjajakan dilakukan untuk mengantisipasi terpilihnya  Indonesia sebagai hub produksi vaksin mRNA di kawasan Asia.

 Sebagai informasi, Organsiasi Kesehatan Dunia (WHO)  berencana menunjuk satu negara di tiap kawasan sebagai hub produksi vaksin virus corona.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...