Jokowi Ingatkan Korupsi Ganggu Lapangan Kerja hingga Harga Bahan Pokok

Rizky Alika
9 Desember 2021, 13:13
Jokowi, korupsi, KPK
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Pegiat antikorupsi dari ICW dan Gerakan #Bersihkan Indonesia melakukan aksi teaterikal \"Habis Gelap Tak Kunjung Terang: Runtuhnya Pemberantasan Korupsi\" di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (8/12/2021). Aksi yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia itu menyoroti kemunduran pemberantasan korupsi pasca revisi UU KPK.

Korupsi bisa berdampak pada setiap sendi kehidupan masyarakat. Presiden Joko Widodo, atau Jokowi,  mengingatkan korupsi bahkan bisa mengganggu penciptaan lapangan kerja hingga mendorong  kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Tindak pidana korupsi bisa menjadi pangkal permasalahan yang lain. Korupsi bisa ganggu penciptaan lapangan kerja, bisa naikkan harga kebutuhan pokok," kata Jokowi dalam Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis (9/12).

Advertisement

Korupsi dinilai bisa menghambat investasi. Sebab, investasi membutuhkan perizinan yang sederhana, cepat, dan bebas korupsi.

 Bila praktek korupsi masih banyak di Indoneesia, investor enggan untuk masuk ke Tanah Air.

"Jangan sampai investor kapok karena terlalu banyak ongkos, banyak ketidakpastian, dan permainan di sana-sini," ujar dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menegaskan investasi merupakan salah satu motor penggerak ekonomi nasional.

Pemerintah juga telah menargetkan total investasi tahun depan mencapai Rp 1.200 triliun.

Karena itulah, penindakan korupsi menjadi sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan investasi.

Kepala Negara meminta pelayanan dilakukan dengan efisien, tanpa adanya ongkos khusus. Kemudian, tata kelola yang dibangun perlu mencegah tindakan koruptif.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement