Tornado Terjang Amerika Serikat, 70 Orang Dilaporkan Tewas

Image title
Oleh Maesaroh
12 Desember 2021, 07:53
tornado, amerika, amerika serikat, cuaca ekstrem
@KyWhitney/Twitter
Kerusakan yang terjadi akibat terjangan di Kota Mayfield. Mayfield merupakan kota yang mengalami kerusakan terparah akibat terjangan tornado, pada Jumat dan Sabtu malam (10-11/12)

Tornado menerjang enam negara bagian di wilayah tengah dan selatan Amerika Serikat (AS) pada Jumat malam dan Sabtu pagi (10-11/12). Tornado setidaknya menewaskan 70 orang dan meluluhlantakan ratusan rumah dan bangunan lainnya.

Badai tornado diperkirakan terbentuk dari serangkaian badai petir sejak Jumat malam.

Dilansir dari CNN, sekitar 30 tornado diperkirakan menerjang enam negara bagian AS. Badai tersebut bergerak sepanjang 400 km melintasi Arkansas, Missouri, Tennessee hingga Kentucky.

Kerusakan paling parah terjadi di Kentucky terutama di Kota Mayfield yang berada di barat daya Kentucky.

"Ini adalah tornado paling menghancurkan dalam sejarah negara bagian Kentucky.  Saya belum pernah melihat level kerusakan sebesar ini sebelumnya,"tutur Gubernur Kenctucky Andy Beshear, seperti dilansir dari the Guardian.

"Saya belum tahu berapa korban tewas tapi kemungkinan sampai 70 bahkan bisa di atas 100," tambahnya.

 Kondisi paling parah menimpa sebuah pabrik lilin di Mayfield.  Pada saat tornado menerjang, sebanyak 110 pekerja menjalankan shift malam. Petugas penyelamat baru menyelamatkan 40 pekerja dan puluhan lainnya masih terjebak di dalam reruntuhan pabrik.

Kyana Parsons-Perez, pekeja di pabrik lilin tersebut, mengatakan dia terjebak di bawah reruntuhan setinggi lima kaki (1,5 meter) selama dua jam sampai dia diselamatkan.

"Suara angin terdengar sangat jelas. Kuping saya seperti meletus dan kemudian boom, Semunya jatuh menimpa kami," tuturnya, seperti dikutip dari the Guardian.

Sarah Burgess, polisi di negara bagian tersebut yang bertugas,  mengatakan bahwa pabrik lilin rata dengan tanah. Dia tidak bisa memperkirakan berapa pastinya jumlah korban tewas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...