Pemerintah Tambah Tiga Tempat Karantina Bagi WNI yang Pulang Kampung

Image title
Oleh Antara
22 Desember 2021, 06:30
karantina, covid, gerakan 3M
lpmpdki.kemdikbud.go.id
Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di Jakarta Selatan. Pemerintah menyiapkan tiga tempat karantina baru bagi pelaku perjalanan internasional, termasuk yang disiapkan adalah LPM

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah akan menambah tiga tempat atau lokasi karantina yang diperuntukan bagi pelaku perjalanan internasional.

Wiku mengatakan tiga lokasi yang akan diubah menjadi fasilitas karantina terpusat itu adalah Rumah Susun Penggilingan di Pulau Gebang, Jakarta Timur, Rumah Susun Daan Mogot di Jakarta Barat serta Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di Jakarta Selatan.

Penambahan dilakukan sebagai antisipasi bila pemerintah menerapkan perpanjangan waktu untuk menjalankan karantina, yang semula dijadwalkan selama 10 hari menjadi 14 hari. 

Penambahan juga mempertimbangkan lonjakan kedatangan para pelaku perjalanan dari luar negeri yang semakin dalam dua bulan terakhir baik melalui jalur darat, laut maupun udara.

 Wiku menjelaskan pada bulan Oktober 2021, jumlah pelaku perjalanan luar negeri masih berada pada kisaran 1.000 hingga 2.000 kedatangan.

Namun, jumlah tersebut melonjak pada bulan Desember 2021  menjadi sekitar 4.000 kedatangan.

Pada 10 Desember 2021 di pos lintas negara Entikong di Kalimantan Barat, lonjakan angka kedatangan naik menjadi hampir 300 kedatangan.

Halaman:
Reporter: Antara
Editor: Maesaroh

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...