Penataan Pantai Bebas Parapat Sumatera Utara Selesai, Habiskan Rp84 M

Cahya Puteri Abdi Rabbi
29 Desember 2021, 09:27
Pantai Bebas, Sumatera Utara, pariwisata
Kementerian PUPR
Pantai Bebas Parapat Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan penataan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Penataan dilakukan untuk mempercantik Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), termasuk Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR sudah menyusun Program Pengembangan KSPN Danau Toba secara terpadu.

Untuk meningkatkan sektor pariwisata, Kementerian PUPR akan memperbaiki infrastruktur dan fasilitas, kemudian dilanjutkan dengan penyelenggaraan event dan promosi.

"Itu yang harus kita jaga. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan akan datang sekali saja dan tidak kembali lagi," kata Basuki dalam keterangan resminya, Selasa (28/12).

 Penataan RTP di Pantai Bebas Parapat yang memiliki daya tarik keindahan pemandangan Danau Toba ini dikerjakan di atas lahan seluas kurang lebih 10.150 meter persegi oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Pekerjaan dimulai sejak 21 Oktober 2020 hingga 3 November 2021 dengan biaya sebesar Rp 84,6 miliar oleh Penyedia Jasa PT. Wijaya Karya Bangun Gedung, dengan Konsultan Supervisi PT. Yodya Karya (Persero) KSO PT. Saranabudi Prakarsaripta.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...