Kado Akhir Tahun, Tujuh Infrastruktur Diresmikan di Sulawesi Tenggara

Cahya Puteri Abdi Rabbi
30 Desember 2021, 08:47
Sulawesi tenggara, bendungan, infrastruktur
ANTARA FOTO/Jojon/tom.
Pemandangan Bendungan Ladongi yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (28/12/2021). Bendungan Ladongi yang berkapasitas 45,9 juta meter kubik air dengan luas sekitar 222 hektare itu untuk mengairi sawah-sawah di beberapa kabupaten.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pembangunan tujuh infrastruktur strategis di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tujuh infrastruktur yang telah selesai merupakan upaya untuk terus meningkatkan layanan infrastruktur publik, yakni Bendungan Ladongi, Kolam Retensi Boulevard Sungai Wanggu, dan Jembatan Teluk Kendari.

Juga, Jembatan Sungai Rahabangga, Jembatan Sungai Asera, peningkatan kualitas permukiman kumuh kawasan Bungkutoko, dan peningkatan kualitas permukiman kumuh kawasan Petoaha.

 Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menandatangani tujuh prasasti tanda selesainya pembangunan infrastruktur strategis tersebut.

"Penandatangan prasasti ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik atas infrastruktur yang sudah selesai dibangun, di mana tertera pula nama kontraktor dan konsultan. Kami semua ikut bertanggung jawab," kata Basuki dalam keterangan resminya, Rabu (29/12).

Basuki mencontohkan, Jembatan Sungai Rahabangga yang rusak akibat banjir di Wilayah Sulawesi Tenggara pada tahun 2019 lalu.

 Saat ini jembatan sepanjang 180 meter ini telah dimanfaatkan untuk mendukung jalur lalu lintas antara Kabupaten Konawe dan Kabupaten Kolaka Timur (Jalan Trans Sulawesi Tenggara menuju Sulawesi Selatan).

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...