BPS: Mobilitas di Pusat Belanja di Desember Naik, Tertinggi Tahun Ini

Abdul Azis Said
3 Januari 2022, 13:09
BPS, mobilitas, Nataru, mal dan pusat perbelanjaan
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/hp.
Pengunjung mengamati pohon Natal setinggi 12 meter di salah satu pusat perbelanjaan di Medan,? Sumatera Utara, Selasa (21/12/2021).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat masyarakat semakin sering beraktivitas di luar rumah di akhir tahun 2021. Ini terlihat dari mobilitas masyarakat di sejumlah tempat yang menunjukkan peningkatan pada bulan Desember, termasuk di tempat belanja.

"Kalau melihat data Google Mobiltiy memperlihatkan bahwa aktivtias di rumah relatif mengalami penurunan, yang berarti aktvitas di beberapa tempat lainnya mengalami kenaikan," kata Kepala BPS Margo Yuwono dalan konferensi persnya, Senin (3/1).

Data mobilitas yang dirilis BPS ini memantau aktivitas masyarakat di sejumlah tempat, termasuk mobilitas di dalam rumah.

Adapun data yang menjadi pembanding yaitu mobilitas masyarakat saat pra-pandemi atau pada Januari-Februari 2020.

 Berdasarkan pemantauan bulan Desember, mobilitas di dalam rumah semakin berkurang.

Aktivitas di dalam rumah hanya tumbuh 4,56% dari kondisi sebelum pandemi, lebih rendah dari pertumbuhan 5% pada bulan Desember atau jika dibandingkan Juli 2021 yang tumbuh hinga 13% saat lonjakan varian Delta.

Margo mengatakan dengan aktivitas di dalam rumah yang semakin berkurang, mobilitas masyarakat di luar rumah semkain ramai.

Mobilitas di tempat perdagangan retail dan rekreasi tumbuh 9,22% dari kondisi pra-pandemi. Ini merupakan pertumbuhan positif tiga bulan beruturt-turut setelah pada Juli lalu terkontraksi dalam hingga 20%.

 Mobilitas masyarakat di tempat belanja kebutuhan sehari-hari juga semakin tinggi dengan pertumbuhan 27,96%, tertingi sepanjang tahun 2021.

Mobilitas di tempat belanja kebutuhan sehari-hari bahkan masih bisa tumbuh positif pada periode Juli-Agustus sekalipun saat itu diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan PPKM Level 1-4.

Aktivitas di taman juga tumbuh semakin kuat pada Desember sebesar 6,26%. Ini menunjukkan kenaikan setelah bulan sebelumnya stagnan dan pertumbuhan 1,81% pada bulan Oktober.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...