1,2 Miliar Liter Minyak Goreng Bersubsidi Disalurkan Mulai Pekan Ini

Image title
Oleh Antara
12 Januari 2022, 15:30
minyak goreng, perdagangan, sawit
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/tom.
Sejumlah warga antre membeli minyak goreng kemasan saat operasi pasar minyak goreng murah di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (11/1/2022).

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakann pendistribusian 1,2 miliar liter minyak goreng kemasan sederhana akan lakukan mulai pekan ini. Minyak goreng bersubsidi tersebut diharapkan bisa menekan harga komoditas tersebut. 

"Kami akan mulai (mendistribusikan) minggu ini, pasti minggu ini," ujar Mendag Lutfi kepada wartawan dalam acara peluncuran BUMN Pangan ID FOOD di kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu (12/1), seperti dikutip dari Antara.

Mantan Duta Besar RI untuk Jepang tersebut menjelaskan berbagai indikator penyebab kenaikan harga minyak goreng di pasar, salah satunya akibat lonjakan harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) yang merupakan bahan baku utama minyak goreng.

 Sebagai catatan, harga CPO Cif Rotterdam pada bulan Oktober berada di kisaran US$ 1.368/ton CIF Rotterdam, jauh lebih tinggi dibandingkan di bulan September US$ 1.235/ton.

"Kami sedang mengintervensi supaya minyak goreng ini tetap ada dan terjangkau. Tujuan kami barang ada dan terjangkau pada harga Rp 14.000 per liter," tutur Lutfi.

Untuk menekan harga minyak goreng, pemerintah akan memakai mekanisme Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan menggunakan subsidi Rp3.000 per liter. 

Halaman:
Reporter: Antara
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...