Batam Bangun Pelabuhan Baru, Lokasinya Langsung Menghadap Singapura

Image title
Oleh Maesaroh
25 Januari 2022, 09:06
Pelabuhan, Batam, Pelabuhan Tanjung Priok
bupbatam
Pelabuhan Batu Ampar Batam, Kepulauan Riau

Pemerintah akan membangun pelabuhan kontainer baru di Batam, Kepulauan Riau,  sebagai upaya menurunkan biaya logistik. Pelabuhan baru diklaim akan lebih besar dari  Pelabuhan Tanjung Priok.

Pelabuhan akan dibangun di Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam yang berlokasi di Tanjungpinggir Kecamatan Sekupang dan berhadapan langsung dengan Singapura.

Pelabuhan baru diharapkan bisa beroperasi pada 2024.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat meninjau lokasi mengatakan pembangunan pelabuhan baru di Batam merupakan upaya pemerintah untuk mencapai target biaya logistik menjadi 17%.

"Saat ini biaya logistik masih sekitar 23 %, sementara di negara lain sudah rata-rata 13 %. Kami menargetkan biaya logistik turun sampai 17 %  pada tahun 2024, kalau bisa lebih cepat," tutur Luhut, dalam keterangan resmi, Senin (24/1).

 Mantan Kepala Staf Kepresidenan tersebut juga mengatakan pembangunan pelabuhan  baru di Batam menjadi bagian dari penataan pelabuhan-pelabuhan eksisting yang ada di wilayah tersebut.

Saat ini di Pulau Batam terdapat sejumlah pelabuhan eksisting diantaranya Pelabuhan Batu Ampar, Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Nongsa Pura, Pelabuhan Batam Center, Pelabuhan Kabil, dan Pelabuhan Telaga Punggur.

 “Nantinya Pelabuhan di Tanjung Pinggir ini akan dibuat menjadi green and smart port,” tutur Luhut.

Pelabuhan baru di Tanjung Pinggir tersebut diproyeksikan akan lebih besar dari Pelabuhan Tanjung Priok dan akan diintegrasikan dengan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Saat ini luas lahan yang ada di Tanjung Pinggir sebesar 94 hektare dan selanjutnya akan diperluas hingga 330 hektare dengan kedalaman airnya sekitar 40 meter.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...