Sambut G20, Pemerintah Rogoh Kocek Rp 1 Triliun Untuk Percantik TMII

Renovasi TMII termasuk jalan kawasan TMII, penataan area gerbang utama, joglo, museum, penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago, museum Theater Garuda, Museum Telkom dan Keong Mas.
Image title
25 Januari 2022, 15:09
G20, KTT G20, G20 Bali Summit, KatadataG20, KTT G20 Bali, TMM
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc.
Pengunjung keluar dari theater keong mas di TMII, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tengah direnovasi sebagai bagian persiapan penyelenggaraan KTT G20. Alokasi anggaran untuk renovasi mencapai Rp 1,14 triliun.

Renovasi TMII merupakan satu dari empat penugasan khusus yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2022.

Total anggaran untuk penugasan khusus pada tahun ini menembus Rp 2,74 triliun. 

Penugasan khusus ini bertujuan untuk mendukung tiga aktivitas, yakni Konferensi Tingkat Tinggi (TT) G20, MotoGP 2022, dan ASEAN Summit 2023. 

"Berdasarkan Peraturan Presiden No. 116-2021 tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Bali, Jakarta, NTB dan NTT, presiden memberikan penugasan khusus untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur yang direncanakan senilai Rp 2,7 triliun," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR, Selasa (25/1). 

 Secara rinci, Renovasi TMII akan terbagi menjadi 10 proyek. Jenis pekerjaan termasuk penanganan jalan kawasan TMII, penataan area gerbang utama, dan renovasi Joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, Sasono Adiguno).

Juga akan dilakukan renovasi museum, penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago, renovasi museum Theater Garuda, Museum Telkom dan Keong Mas, struktur parkir (elevated), serta revitalisasi Danau Archipelago.

Operator alat berat merobohkan bangunan museum telekomunikasi yang akan diperbaiki di TMII, Jakarta, Jumat (21/1/2022).
Operator alat berat merobohkan bangunan museum telekomunikasi yang akan diperbaiki di TMII, Jakarta, Jumat (21/1/2022). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.)




 

Di sisi lain, PUPR juga ditugaskan untuk mempersiapkan beberapa infrastruktur di Bali dalam rangka menyambut serangkaian acara G20, termasuk acara puncak KTT G20  pada November mendatang.

Secara umum, ada dua jenis pekerjaan yang kan dilakukan, yakni peningkatan kapasitas beberapa ruas jalan dan Penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai senilai Rp 506,9 miliar. 

Peningkatan kapasitas jalan itu akan ditingkatkan agar dapat menopang kendaraan 39 kepala negara. Kendaraan itu akan mencapai sekitar 20 ton lantaran kendaraan pala kepala negara akan dilengkapi dengan fitur keamanan tinggi, seperti kaca anti peluru. 

Sementara itu, Penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai dilakukan untuk sebagai lokasi deklarasi komitmen pemerintah terkait ekonomi hijau.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah memperluas kawasan mangrove di dalam negeri, termasuk di Bali. 

Untuk menyambut ajang MotoGP,  KementerianPUPR mendapatkan alokasi Rp 576,8 miliar untuk proyek Penataan Kawasan Mandalika, NTB.

Ada empat pekerjaan dalam proyek ini, yakni Pembangunan Tahap III Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok-Mandalika, Pelebaran Jalan Kuta-Keruak, Penataan Koridor Kawasan Mandalika, dan Pembangunan Pengendali Banjir Kawasan Mandalika. 

Terakhir, PUPR ditugaskan untuk mempersiapkan infrastruktur di Tana Mori, Labuan Bajo untuk Asean Summit 2023. Anggaran yang dialokasikan untuk tugas itu mencapai Rp 525,8 miliar. 

Pekerjaan konstruksi dalam proyek itu adalah pembangunan jalan dan jembatan, peningkatan kapasitas jala dan jembatan, dan peningkatan fasilitas pendukung pariwisata di Loh Buaya. 

 

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait