Sambut G20, Pemerintah Rogoh Kocek Rp 1 Triliun Untuk Percantik TMII

Andi M. Arief
25 Januari 2022, 15:09
G20, KTT G20, G20 Bali Summit, KatadataG20, KTT G20 Bali, TMM
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc.
Pengunjung keluar dari theater keong mas di TMII, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tengah direnovasi sebagai bagian persiapan penyelenggaraan KTT G20. Alokasi anggaran untuk renovasi mencapai Rp 1,14 triliun.

Renovasi TMII merupakan satu dari empat penugasan khusus yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2022.

Total anggaran untuk penugasan khusus pada tahun ini menembus Rp 2,74 triliun. 

Penugasan khusus ini bertujuan untuk mendukung tiga aktivitas, yakni Konferensi Tingkat Tinggi (TT) G20, MotoGP 2022, dan ASEAN Summit 2023. 

"Berdasarkan Peraturan Presiden No. 116-2021 tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Bali, Jakarta, NTB dan NTT, presiden memberikan penugasan khusus untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur yang direncanakan senilai Rp 2,7 triliun," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR, Selasa (25/1). 

 Secara rinci, Renovasi TMII akan terbagi menjadi 10 proyek. Jenis pekerjaan termasuk penanganan jalan kawasan TMII, penataan area gerbang utama, dan renovasi Joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, Sasono Adiguno).

Juga akan dilakukan renovasi museum, penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago, renovasi museum Theater Garuda, Museum Telkom dan Keong Mas, struktur parkir (elevated), serta revitalisasi Danau Archipelago.

Operator alat berat merobohkan bangunan museum telekomunikasi yang akan diperbaiki di TMII, Jakarta, Jumat (21/1/2022).
Operator alat berat merobohkan bangunan museum telekomunikasi yang akan diperbaiki di TMII, Jakarta, Jumat (21/1/2022). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.)




Di sisi lain, PUPR juga ditugaskan untuk mempersiapkan beberapa infrastruktur di Bali dalam rangka menyambut serangkaian acara G20, termasuk acara puncak KTT G20  pada November mendatang.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...