Kereta Api Makassar-Parepare Ditargetkan Beroperasi Tahun Ini

Kereta Api Makassar-Parepare ini adalah digunakan untuk kombinasi penumpang, barang, dan wisata.
Image title
26 Januari 2022, 18:44
kereta, kereta api, Makassar
Kementerian Perhubungan
Pengujian tahap 2 oleh Tim Penguji Jalur dan Bangunan Balai Pengujian Perkeretaapian pada jalur Kereta Api Makassar – Parepare, pada Maret 2021

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan proyek Kereta Api Makassar-Parepare, Sulawesi, beroperasi pada tahun ini. Pengoperasian kereta api itu rencananya akan menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). 

"Kami akan upayakan sudah dioperasikan tahun ini (Kereta Api Makassar - Parepare), tapi kami lakukan dengan KPBU. Jadi, ada swasta yang melakukan (operasi), mungkin kerja sama dengan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah)," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Rabu (26/1). 

Berdasarkan data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), nilai investasi proyek ini mencapai Rp 8,25 triliun. 

 Seperti diketahui, Kereta Api Makassar - Parepare memiliki panjang lintasan 145 kilometer (Km) yang dibagi menjadi enam bagian.  

Advertisement

Kereta tersebut merupakan bagian dari jaringan Kereta Api Trans Sulawesi yang menghubungkan seluruh Pulau Sulawesi. Jalur tersebut menghubungkan pelabuhan di Parepare dan Makassar.

Berdasarkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), nilai belanja modal proyek ini adalah Rp 1,01 triliun, sementara itu nilai akumulatif belanja operasional mencapai Rp 1,9 triliun. 

Dalam laman resmi Kementerian Investasi, pengembalian investasi akan dilakukan dengan skema availability payment senilai Rp300 miliar per tahun selama 20 tahun. 

Dengan skema ini, swasta mengeluarkan modal untuk membangun proyek secara utuh.

Setelah rampung dan bisa beroperasi, pemerintah membayar biaya pembangunan konstruksi tersebut dengan cara mencicil sesuai waktu perjanjian.

 Budi mengatakan pengoperasian kereta akan meningkatkan lalu lintas komoditas di Makassar. Menurutnya, pabrikan semen di Makassar akan mengirimkan semen ke sepanjang lintasan kereta, sedangkan Makassar akan mendapatkan pasokan batu bara dari luar provinsi. 

"Jadi, tidak sekedar angkutan penumpang, tapi sekaligus angkutan barang, sehingga dia (Kereta Api Makassar- Parepare) akan ekonomis," kata Budi. 

Merujuk pada Kementerian Perhubungan, Kereta Makassar-Parepare ini adalah yang pertama digunakan untuk kombinasi penumpang, barang, dan wisata.
Dari sisi efisiensi logistik, pengangkutan barang dengan kereta tersebur bisa menekan ongkos 20-30%.

Kota Makassar sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan memiliki posisi dan peran yang sangat penting untuk Pulau Sulawesi dan Bagian Timur Indonesia.

Sementara itu, Kota Parepare adalah kota terbesar kedua yang mendukung fungsi dari ibu kota Provinsi.

Pembangunan jalur kereta api antara kedua kota ini diharapkan akan meningkatkan peran tersebut secara signifikan melalui peningkatan arus lalu lintas barang dan penumpang.

Sebagai informasi, pada tahap awal proyek, setidaknya ada 150 peserta yang mengikuti lelang proyek ini. 

Proyek konstruksi infrastruktur itu dimenangkan oleh konsorsium PT Pembangunan Perumahan, PT Bumi Karsa, PT China Communications Construction Engineering Indonesia, dan PT Iroda Mitra pada Februari 2019.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait