Kereta Api Makassar-Parepare Ditargetkan Beroperasi Tahun Ini

Andi M. Arief
26 Januari 2022, 18:44
kereta, kereta api, Makassar
Kementerian Perhubungan
Pengujian tahap 2 oleh Tim Penguji Jalur dan Bangunan Balai Pengujian Perkeretaapian pada jalur Kereta Api Makassar – Parepare, pada Maret 2021

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan proyek Kereta Api Makassar-Parepare, Sulawesi, beroperasi pada tahun ini. Pengoperasian kereta api itu rencananya akan menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). 

"Kami akan upayakan sudah dioperasikan tahun ini (Kereta Api Makassar - Parepare), tapi kami lakukan dengan KPBU. Jadi, ada swasta yang melakukan (operasi), mungkin kerja sama dengan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah)," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Rabu (26/1). 

Berdasarkan data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), nilai investasi proyek ini mencapai Rp 8,25 triliun. 

 Seperti diketahui, Kereta Api Makassar - Parepare memiliki panjang lintasan 145 kilometer (Km) yang dibagi menjadi enam bagian.  

Kereta tersebut merupakan bagian dari jaringan Kereta Api Trans Sulawesi yang menghubungkan seluruh Pulau Sulawesi. Jalur tersebut menghubungkan pelabuhan di Parepare dan Makassar.

Berdasarkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), nilai belanja modal proyek ini adalah Rp 1,01 triliun, sementara itu nilai akumulatif belanja operasional mencapai Rp 1,9 triliun. 

Dalam laman resmi Kementerian Investasi, pengembalian investasi akan dilakukan dengan skema availability payment senilai Rp300 miliar per tahun selama 20 tahun. 

Dengan skema ini, swasta mengeluarkan modal untuk membangun proyek secara utuh.

Setelah rampung dan bisa beroperasi, pemerintah membayar biaya pembangunan konstruksi tersebut dengan cara mencicil sesuai waktu perjanjian.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...