Bos Unilever Akan Kawal Pembahasan UMKM Perempuan di Panggung G20

Image title
Oleh Maesaroh
27 Januari 2022, 08:09
unilever, umkm, G20, KTT G20, G20 Bali, KatadataG20, G20 Summit Bali
B20 Indonesia Women in Business Action Council
Shinta Widjaja Kamdani, Chair B20 Indonesia (kiri) dan Ira Noviarti selaku \Chair dari B20 Women in Business Action Council (kanan)

Pemberdayaan UMKM perempuan akan menjadi salah satu fokus Indonesia sebagai pemegang Presidensi G20. Indonesia akan memastikan pemberdayaan UMKM perempuan tidak hanya akan berakhir di diskusi event G20 tetapi diwujudkan dalam aksi nyata.

Pembahasan terkait UMKM perempuan akan dikawal oleh B20 Indonesia dan B20 Women in Business Action Council.

Sebagai informasi, B20 merupakan engagement group yang mewakili komunitas bisnis di negara G20.
Sementara, B20 Women in Business Action Council beranggotakan 151 pimpinan bisnis dari 26 negara dan 19 sektor industri.

Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Ira Noviarti akan bertugas sebagai chair dari B20 Women in Business Action Council.

 Ira mengatakan ada sejumlah prioritas terkait isu perempuan yang akan dibawa dalam penyelenggaraan G20 tahun ini, dari keseteraan gender hingga digitalisasi.

Dari semua isu, pemberdayaan UMKM perempuan akan menjadi fokus utama. Isu tersebut juga menjadi tema yang paling diusahakan untuk diwujudkan ke dalam aksi nyata saat Indonesia memegang Presidensi G20.

"UMKM perempuan harus menjadi fokus area kita. Output-nya nanti tidak hanya dari sisi rekomendasi kebijakan. Bisa diimplementasikan juga. Agar efek (penyelenggaraan G20) juga bisa dirasakan," tutur Ira, saat berdiskusi dengan wartawan, Rabu (27/1).

 Perempuan yang sudah berkarier di Unilever selama 26 tahun tersebut mengatakan 151 pimpinan bisnis yang ada B20 Women in Business Action Council akan mendiskusikan bantuan apa yang paling dimungkinkan diberikan kepada UMKM perempuan.

Menurutnya, merealisasikan bantuan kepada UMKM perempuan merupakan upaya "membumikan'  event G20 kepada masyarakat umum. Juga, mendekatkan isu yang berkembang di masyarakat ke tingkat global.

Sebagai catatan, Unilever telah meluncurkan sejumlah bantuan kepada UMKM seperti "Ibu Bersinar' dan "Juragan Seru".

"Jadi, UMKM perempuan ini saya percaya bisa kita tingkatkan upskilling dan kita bisa ajak perusahaan lain untuk mendorong kepentingan ini. Di Unilever, kami sudah punya modelnya," tambah Ira.

 Ira mengatakan pelaku UMKM perempuan  masih menemui banyak hambatan untuk mengembangkan usahanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...