Pertama Sejak 2014, Harga Minyak Dunia Tembus US$ 91.46 per Barel

Image title
4 Februari 2022, 09:00
harga minyak, minyak
Zukiman Mohamad/Pexels
Ilustrasi kilang minyak lepas pantai

Harga minyak mentah dunia tembus di atas US$ 90 per barel pada perdagangan Jumat (4/2) waktu Indonesia. Kenaikan harga pada level tersebut merupakan yang pertama kali sejak Oktober 2014. Lonjakan harga dipicu menyusul kekhwatiran pasokan dan faktor cuaca di Amerika Serikat.

Berdasarkan data Bloomberg per pukul 08.48 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman April 2022 naik 0,38% ke level US$ 91.46 per barel.

Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Maret 2022 naik 0,49% ke level US$ 90.71 per barel.

Para analis mengaitkan kenaikan harga minyak dengan meningkatnya kekhawatiran terhadap cuaca dingin berkepanjangan yang dapat mengganggu produksi di Texas, Amerika Serikat. Kondisi ini akan  memperparah ketatnya pasar minyak dunia karena pasokan bisa terganggu.

 Selain itu, ketegangan antara Rusia dan Barat atas sikap agresif Rusia terhadap Ukraina juga turut membuat pasar bergejolak.

Amerika Serikat pun memperingatkan bahwa Rusia berencana menggunakan serangan bertahap sebagai pembenaran dalam menyerang Ukraina.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...