Menlu Retno Ajak Peneliti dan Pakar Beri Solusi Tiga Isu Prioritas G20

Image title
Oleh Maesaroh
10 Februari 2022, 08:41
G20, KTT G20, Katadata G20, G20 Bali, G20 Summit Bali, Retno Marsudi
kementerian luar negeri
Menteri Luar Negeri, Retno L.P. Marsudi pada acara Think-20 (T20) Inception Meeting tanggal 9 Februari 2022.?

Pemerintah mengundang peneliti dan thinks tanks berkontribusi nyata melalui penyelenggaraan G20 di Indonesia. Masukan dan ide mereka diharapkan bisa menghasilkan solusi yang inovatif dalam menyelesaikan tantangan global.

Dalam acara Think-20 (T20) Inception Meeting, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan, Presidensi G20 membutuhkan masukan dan ide dari think tanks serta lembaga penelitian agar kerja G20 membawa manfaat nyata bagi dunia, khususnya negara berkembang.

“Sebagai lembaga independen, think tanks harus dapat menghasilkan solusi yang berani dan inovatif bagi berbagai tantangan global,” tutur Retn, dalam sambutannya, Rabu (9/2).

Mantan Dubes RI untuk Norwegia tersebut berharap T20 bisa lebih berkontribusi pada tiga sektor prioritas Presidensi G20 Indonesia, yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi. 

Dia menambahkan dalam sektor kesehatan, kesenjangan ketersediaan vaksinasi dunia harus diatasi.

Retno menyebutkan sejumlah cara bisa diupayakan T20 dalam mengatasi persoalan tersebut, antara lain, peningkatan kapasitas kesehatan lokal hingga solusi inovatif bagi rantai pasok distribusi obat-obatan.

“Kita juga harus melihat jauh, melewati masa pandemi, bagaimana mempersiapkan dunia untuk krisis serupa di masa depan,” tuturnya.

Pada sektor transformasi digital, diharapkan adanya rekomendasi kebijakan think tanks dan peneliti untuk mendorong kesetaraan akses digital dan buka peluang investasi di negara berkembang.

Untuk transisi energi, dibutuhkan inovasi dari para peneliti untuk meningkatkan akses pada teknologi bersih, energi terbarukan sertapembiayaan yang inofativ.

“Transisi energi adalah kunci menuju ekonomi hijau dan berkelanjutan”, demikian ditegaskan Menlu Retno. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...