Tim Pakar RI Dilibatkan di Forum T20 Untuk Sumbang Ide ke KTT G20

Cahya Puteri Abdi Rabbi
29 Desember 2021, 17:47
G20, negara G20, presidensi, presidensi G20
Katadata/Ameidyo Daud Nasution
Venue G20 di Nusa Dua, Bali

Italia resmi menyerahkan kepemimpinan diskusi Think 20 (T20) kepada Indonesia seiring dengan perpindahan presidensi G20. Presidensi T20 Indonesia pada 2022 akan melibatkan para ahli dan peneliti dari LPEM FEB UI, dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia.

Lead Co-chairs T20 Indonesia Bambang Brodjonegoro mengatakan, T20 dapat menjadi platform bagi think tanks dan lembaga riset di seluruh dunia untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan berbasis riset yang kuat, independen dan inklusif untuk dijadikan pertimbangan bagi para pemimpin G20.

"Dalam hal ini T20 Indonesia berkomitmen untuk memulai lebih banyak dialog kepada G20, dan akan memfasilitasi kolaborasi di antara para peneliti di berbagai negara," kata Bambang dalam 'T20 Media Workshop and Press Conference', Rabu (29/12).

 Bambang mengatakan, pandemi Covid-19 secara signifikan telah menghambat pembangunan di seluruh dunia.

Dirumuskannya perjalanan aksi pembangunan dalam rangka pemulihan dari Covid-19 perlu didukung oleh kapasitas finansial yang mencukupi.

Dalam hal ini, negara-negara di dunia perlu mendorong pembiayaan pembangunan untuk dapat mempertimbangkan pemulihan, serta memastikan pencapaian pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

Keterbatasan kapasitas fiskal pemerintah di masa pandemi, yang diperparah dengan berbagai pengeluaran yang diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan dan ekonomi jangka pendek.

Karana itulah,  pemerintah perlu melakukan reformasi strategi pembiayaan, untuk tetap memastikan rencana pembangunan jangka panjang tetap pada jalurnya.

 Salah satu strategi yang diterapkan dalam mendorong terselesaikannya masalah pembiayaan pembangunan adalah melalui skemablending financing.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...