Batas Atas Tarif Hotel Sekitar Mandalika Akan Diatur Jelang MotoGP

Andi M. Arief
14 Februari 2022, 18:45
Mandalika, MotoGP
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/pras.
Sejumlah warga berswafoto saat menonton sesi tes pramusim MotoGP 2022 dari atas bukit sekitar Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Warga antusias menyaksikan tes pramusim MotoGP 2022

 Pemerintah akan memberlakukan batas atas pada tarif hotel sekitar wilayah Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kebijakan tersebut untuk mencegah lonjakan tarif hotel secara berlebihan menjelang perhelatan MotoGP 18-20 Maret mendatang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat akan mengeluarkan regulasi yang mengatur batas tarif atas hotel.

"Diharapkan tidak ada piihak yang menumpuk kamar hotel dan ditingkatkan harganya. Ini akan diatur oleh Pergub (Peraturan Gubernur) yang memberikan ambang batas untuk biaya kamar per malam dan biaya transportasi," kata Sandi saat konferensi pers virtual, Senin (14/2).

 Sandiaga mengatakan tingkat keterisian hotel atau okupansi hotel di sekitar Mandalika masih di kisaran 52%.

"Kemarin mendapat laporan bahwa hotel-hotel di sekitar Mandalika jadi Rp 8 juta per malam dan transportasi Rp 8 uta per hari untuk sewa mobil,"tambahnya.

Dia menambahkan saat ini biaya penginapan di tiga gili sekitar Mandalika mencapai Rp 1 juta per malam. Sejauh ini, lanjutnya, mash ada sektiar 3.500 unit kamar yang tersedia di tiga gili.  

Penelusuran Katadata melalui Tiket.com dan Traveloka, hampir seluruh hotel di kawasan Mandalika sudah habis dipesan untuk tanggal 18-20 Maret 2021.

Beberapa hotel tersisa berjarak 4 km lebih dari Sirkuit Mandalika dan dijual di kisaran Rp 600 ribu-1 Juta.
Sementara beberapa kamar hotel yang masih tersisa di jarak kurang dari 3 km dijual dengan harga di kisaran Rp 3-8 juta.

 Selain hotel, pemerintah menyiapkan sejumlah penginapan untuk penonton MotoGP dari tenda, rusun, sarhunta (sarana hunian pariwisata), hingga kapal. 

Pada 20 Maret 2022, Sandi berencana naik kapal untuk tiba di Sirkuit Mandalika. Pada malam kedua, Sandi berencana untuk menginap di tenda yang disediakan pantai di sebelah barat atau timur Sirkuit Mandalika. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...