Ramaikan MotoGP, Kemenhub Siapkan 8 Rute Penerbangan dan Bus Gratis

Frekuensi penerbangan ke Lombok akan mencapai 47 per hari tetapi bisa ditambah jika terjadi lonjakan penonton MotoGP.
Image title
16 Februari 2022, 19:12
MotoGP, Lombok, Mandalika
ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.
Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan delapan rute penerbangan selama ajang MotoGP Maret mendatang. Kemenhub juga menyediakan 188 shuttle bus gratis yang akan melancarkan lalu lintas penonton selama penyelenggaraan ajang tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan terdapat delapan rute penerbangan domestik yang menghubungkan penerbangan secara langsung ke Lombok. 

 Delapan rute domestik tersebut adalah  Jakarta- Lombok, Surabaya-Lombok, Denpasar-Lombok, Bima- Lombok, Sumbawa-Lombok, Makassar-Lombok, Kulon Progo-Lombok, dan Labuan Bajo-Lombok.

“Ada delapan rute yang langsung menghubungkan sejumlah tujuan yang langsung menghubungkan kelompok dengan total frekuensi 47 per hari nanti kita akan tambah kalau memang dari Bali ada lonjakan dengan menyediakan air shuttle,” kata Novie Riyanto dalam konferensi virtual, Rabu (16/2). 

Advertisement

Rute penerbangan terbanyak adalah Denpasar-Lombok yakni 14 kali sementara Jakarta-Lombok sebanyak 13 kali.

Baca Juga

Ketersediaan tempat duduk selama event MotoGP untuk penerbangan regular sebesar 59.220 dan extra/charter sebesar 11.383.

Dengan demikian,total selama periode 12-20 Maret kapasitas sebesar 70.603 tempat duduk.

"Disiapkan pengaturan extra flight ataupun change bigger aircraft untuk mendukung pergerakan penumpang MotoGP 2022," tambahnya.

Setidaknya  ada tujuh maskapai yang akan mengangkut penumpang ke Lombok, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Air Asia, Batik Air, Lion Air, Wings Air, dan Super Air Jet.

Kemenhub juga akan menyiapkan air shuttle khususnya dari Bali ke Lombok.  Air shuttle khususnya disiapkan dari Bali ke Lombok untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dari wilayah tersebut.

Pasalnya, Bali diperkirakan menjadi alternatif penginapan penonton MotoGP.
 

 Siapkan Ratusan Bus 
Kemenhub juga menyiapkan 188 unit shuttle bus ukuran medium untuk melayani penonton MotoGP. Layanan bus tersebut gratis dan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan 63 ribu penonton yang datang ke sana.

Shuttle tersebut diperlukan karena kawasan sirkuit akan clear dari kendaraan. Semua kendaraan pribadi harus diparkir di luar kawasan sirkuit Mandalika.

Sementara itu, untuk melayani angkutan antarmoda di 6 rute ke pusat kota dan simpul tansportasi di luar kawasan sirkuit akan disiapkan 278 bus.Pelayanan shuttle bus saat ajang MotoGP

 
Pelayanan shuttle bus saat ajang MotoGP (Kementerian Perhubungan)



Kebutuhan 278 bus untuk pelayanan antarmoda pada 6 rute ke pusat kota (eks Bandara Selaparang) dan simpul transportasi di luar kawasan sirkuit (Pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan dan Bandara Bizam).

Sementara itu, untuk transportasi laut, empat pelabuhan telah disiapkan untuk melayani penonton MotoGp.

Untuk rute Surabaya – Lembar di Nusa Tenggara Barat disiapkan dua unit kapal RoRo PT DLN dan satu unit kapal RoRo PT. DLU.

Rute Surabaya – Lembar – Waingapu disipakan satu unit kapal RoRo PT. Pelni, rute Benoa - Lembar-Bima disiapkan satu unit kapal penumpang PT. Pelni, dan Tanjung Wangi – Lembar disiapkan tiga unit kapal RoRo PT ALP.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait