Ramaikan MotoGP, Kemenhub Siapkan 8 Rute Penerbangan dan Bus Gratis

Image title
Oleh Maesaroh
16 Februari 2022, 19:12
MotoGP, Lombok, Mandalika
ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.
Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan delapan rute penerbangan selama ajang MotoGP Maret mendatang. Kemenhub juga menyediakan 188 shuttle bus gratis yang akan melancarkan lalu lintas penonton selama penyelenggaraan ajang tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan terdapat delapan rute penerbangan domestik yang menghubungkan penerbangan secara langsung ke Lombok. 

 Delapan rute domestik tersebut adalah  Jakarta- Lombok, Surabaya-Lombok, Denpasar-Lombok, Bima- Lombok, Sumbawa-Lombok, Makassar-Lombok, Kulon Progo-Lombok, dan Labuan Bajo-Lombok.

“Ada delapan rute yang langsung menghubungkan sejumlah tujuan yang langsung menghubungkan kelompok dengan total frekuensi 47 per hari nanti kita akan tambah kalau memang dari Bali ada lonjakan dengan menyediakan air shuttle,” kata Novie Riyanto dalam konferensi virtual, Rabu (16/2). 

Rute penerbangan terbanyak adalah Denpasar-Lombok yakni 14 kali sementara Jakarta-Lombok sebanyak 13 kali.

Baca Juga

Ketersediaan tempat duduk selama event MotoGP untuk penerbangan regular sebesar 59.220 dan extra/charter sebesar 11.383.

Dengan demikian,total selama periode 12-20 Maret kapasitas sebesar 70.603 tempat duduk.

"Disiapkan pengaturan extra flight ataupun change bigger aircraft untuk mendukung pergerakan penumpang MotoGP 2022," tambahnya.

Setidaknya  ada tujuh maskapai yang akan mengangkut penumpang ke Lombok, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Air Asia, Batik Air, Lion Air, Wings Air, dan Super Air Jet.

Kemenhub juga akan menyiapkan air shuttle khususnya dari Bali ke Lombok.  Air shuttle khususnya disiapkan dari Bali ke Lombok untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dari wilayah tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...