Jalur Kereta Api Cibatu - Garut Hidup Lagi Setelah 40 Tahun Mati Suri

Image title
Oleh Maesaroh
20 Februari 2022, 15:30
kereta api, Garut, KA
ANTARA/HO-Diskominfo Garut
Petugas menyambut kedatangan kereta api saat uji coba jalur Stasiun Cibatu-Garut di Stasiun Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (13/2/2022).

Setelah 40 tahun mati suri, jalur kereta api lintas Stasiun Cibatu - Stasiun Garut akan dihidupkan kembali dalam waktu dekat.  Sebagai bagian dari dihidupkannya jalur tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melakukan trial and run  mulai hari ini hingga 13 Maret mendatang.

PT KAI telah melakukan kegiatan uji coba prasarana pada 12-19 Februari lalu.

 “Sesuai jadwal, rangkaian kegiatan uji coba ini akan dilanjutkan dengan memasuki tahap trial and run dimulai dari hari ini hingga tanggal 13 Maret 2022 nanti,” tutur Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Risal Wasal, dalam keterangan resmi, Minggu (20/2).

Tahapan trial and run merupakan tahapan uji coba dengan menggunakan sarana berisi penumpang terbatas.

Kegiatan trial and run yang dimulai hari ini dilakukan dengan uji coba Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Garut hingga Stasiun Pasar Senen.

“Antusiasme masyarakat terhadap pengoperasian kembali jalur kereta api sampai Garut sangat luar biasa, dapat dilihat sepanjang perjalanan uji coba tadi, masyarakat sangat menanti kehadiran rangkaian KLB di stasiun,” tutur Risal.

 Risal menambahkan trial and run merupakan prasyarat penting sebelum prasarana perkeretaapian dapat dioperasikan guna memastikan keselamatan dan kelaikoperasian jalur, bangunan, maupun fasilitas operasi kereta api.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan keyakinannya terkait kontribusi yang dapat diberikan oleh pengoperasian kembali jalur kereta api menuju Garut terhadap pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Kabupaten Garut.

Rudy menambahkan bahwa pengoperasian kembali jalur kereta api ini dapat mendorong masyarakat Garut untuk berinovasi dalam mengembangkan industri dan pariwisata di daerahnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...