Tol Manado-Bitung Beroperasi Penuh Sabtu Ini, Tol Terpanjang Sulawesi

Andi M. Arief
24 Februari 2022, 15:53
tol, jaaln tol, bitung, manado
Katadata/Andi M.Arief
Tol Bitung Manado di Sulawesi Utara

 Jalan Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara akan beroperasi penuh selambatnya Sabtu  mendatang (26/2). Pengoperasian penuh diharapkan bisa menambah volume lalu lintas (VLL)  sebanyak 3.000 kendaraan per hari, atau naik 30% dari saat ini. 

Tol Manado-Bitung akan beroperasi penuh setelah konstruksi Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung 13,65 kilometer rampung. Jalan Tol Manado - Bitung yang memiliki panjang keseluruhan 39,85 Km merupakan Jalan Tol terpanjang di Pulau Sulawesi. 

Seksi tersebut melengkapi ruas Manado-Danowudu  yang mencapai sepanjang 26,35 km.  Seperti diketahui, ruas Manado-Danowudu telah beroperasi sejak 2020 dengan VLL sekitar 4.500 kendaraan per hari. 

"Peak-nya (VLL Manado-Bitung) bisa dua kali lipat. Biasanya rata-rata transaksi 4.500 (kendaraan per hari), kemarin (saat periode Nataru) bisa sampai 9.000 (kendaraan per hari)" kata Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) Charles Lendra di Gerbang Tol (GT) Bitung, Kamis (24/2). 

 Charles mengatakan Tol Manado-Bitung masih didominasi oleh kendaraan pribadi. Adapun, kendaraan niaga berkontribusi di bawah 1% dari total volume lalu lintas yang ada di sana.

Tol Manado-Bitung memiliki dua tujuan utama, yakni mendukung mobilitas kendaraan niaga di Kawasan Industri Bitung dan Pelabuhan Bitung serta mendukung industri pariwisata di Bitung.

Saat ini, kontruksi Kawasan Bitung masih belum rampung sedangkan kapasitas Pelabuhan Bitung baru mencapai 30%.

Jalan Tol Bitung Manado
Jalan Tol Bitung Manado (Katadata/Andi M.Arief)



Charles berharap beroperasinya Tol Manado-Bitung secara penuh dapat semakin mendukung mobilitas masyarakat di Manado dan sekitarnya.

Oleh karena itu, JMB berencana untuk mendirikan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area di Tol Manado-Bitung. 

 Dia menambahkan konstruksi rest area di Tol Manado-Bitung sedang dalam tahap finalisasi. Rest area itu akan diletakkan di kedua jalur tol tersebut. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...