Konstruksi Rampung, Tol Manado-Bitung Tersambung Penuh Minggu Ini

Andi M. Arief
23 Februari 2022, 07:05
tol, jalan tol, tol manado-bitung,
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/hp.
Kendaraan melintasi jalan tol Manado-Bitung, Airmadidi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Senin (6/7/2020).

Jalan Tol Manado-Bitung tersambung penuh karena konstruksi Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung 13,65 kilometer (km) selesai. Ruas ini siap beroperasi dan akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (25/2). 

Seksi 2B yang baru rampung mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO). Ruas ini telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada awal Januari. 

"Jalan Tol Manado-Bitung siap beroperasi sepenuhnya, melengkapi tiga seksi lainnya (Manado-Danowudu) sepanjang 26,35 Km yang lebih dulu dioperasikan pada 2020 lalu," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru kepada Katadata.co.id, Rabu (23/2). 

Badan Usaha Pelaksana (BUP) yang mengoperasikan Manado-Bitung yakni PT Jasamarga Manado Bitung (JMB). Pengoperasian Seksi 2B dinilai semakin mempercepat arus pergerakan barang dan orang di Sulawesi Utara.

Direktur Utama JMB Charles Lendra mengatakan, tersambungnya Jalan Tol Manado-Bitung secara penuh diharapkan berdampak positif pada peningkatan volume lalu lintas (VLL) jalan tol. Charles menilai VLL Tol Manado-Bitung kini dapat tumbuh sesuai rencana bisnis pada perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT).

"Terlebih ini dapat menjadi harapan baru bagi percepatan penyelesaian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, karena pada dasarnya kelayakan Jalan Tol Manado-Bitung bergantung pada perkembangan kawasan sekitar," kata Charles. 

Pengoperasian Seksi 2B juga akan memangkas waktu tempuh Manado-Bitung dari 90 menit menjadi 30 menit. Charles menilai, ini bakal meningkatkan efisiensi pergerakan arus barang dan manusia secara signifikan. 

Selain itu, berfungsinya Seksi 2B Tol Manado-Bitung akan menambah gerbang tol baru, yakni gerbang tol Bitung. Gerbang tol ini akan terhubung dengan Jalan Ir. Soekarno, akses terdekat menuju Pelabuhan Internasional Bitung. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...