Lazada Klaim Transaksi Brand di LazMall Melonjak hingga 20 Kali Lipat
Perusahaan e-commerce Lazada mencatatkan peningkatan transaksi brand hingga 20 kali lipat pada platform khusus produk original dari brand dan peritail ternama mereka LazMall. Peningkatan itu terjadi ketika brand bergabung dalam serangkaian promo eksklusif.
Chief Product Officer, Head of Platform Operations, Lazada Group Raymond Yang mengatakan, mesin promo eksklusif LazMall memang didedikasikan untuk brand. Tujuannya untuk meningkatkan penjualan dan eksposur.
"Hasilnya, banyak merek telah melaporkan peningkatan total nilai transaksi (gross merchandise value/GMV) hingga 20 kali lipat," katanya dalam acara LazMall Brands Future Forum 2021, kemarin (1/9).
Selain itu, brand juga mencatatkan peningkatan jumlah pembeli hingga 37 kali lipat. Lalu, trafik mereka juga melonjak hingga 11 kali lipat.
Menurut Reymond, melalui berbagai gelaran promo, konsumen dapat menemukan penawaran brand yang sesuai ekspektasi. Ada beberapa program promo yang bisa diakses konsumen, misalnya Brand Mega Offer, Super Brand Day, hingga Flash Sale.
Jumlah mitra brand yang bergabung dalam kampanye pun terus bertambah. Misalnya, pada kampanye promo Super Brand Day yang diluncurkan pada 2019. Awalnya, Lazada hanya menggaet 13 mitra brand, seperti Estee Lauder, Pampers, Samsung dan Adidas. Hingga saat ini, perusahaan telah bermitra dengan lebih dari 50 mitra brand pada Super Brand Day.
Chief Executive Officer Lazada Group Chun Li mengatakan, selain karena strategi promo, banyak brand yang masuk ke platform karena terdorong pandemi. "Brand, ritel, dan pusat perbelanjaan telah beradaptasi dengan kenyataan baru ini," katanya.
Selama pandemi, brand mengalami penurunan penjualan layanan offline mereka. Alhasil, brand yang identik dengan warna pink dan orange itu beralih strategi dengan mengandalkan layanan online, seperti masuk ke platform LazMall.
"Di Singapura, department store terkenal seperti Marks and Spencer telah bergabung. Lainnya, seperti Siam Center di Thailand juga masuk di etalase LazMall," katanya.
Ia juga mencatat, bahwa basis pelanggan aktif LazMall terus bertumbuh. Jumlah pembeli baru LazMall meningkat dua kali lipat dari tahun ke tahun. Sedangkan, nilai pembelian di LazMall juga meningkat dua kali lipat.
Di Lazada, secara keseluruhan, jumlah konsumen aktif tahunan mencapai lebih dari 110 juta. Trafik di Lazada juga meningkat, dengan lebih dari 150 juta pengguna rata-rata bulanan. Lalu, transaksi juga tumbuh hampir 100% dari tahun ke tahun. "Ini benar-benar migrasi online yang hebat," kata Chun.
Diketahui, LazMall merupakan platform khusus yang diluncurkan Lazada pada 2018 lalu. Hingga saat ini, LazMall telah menggaet 32.000 brand lokal dan internasional.
Lazada menjamin keaslian seluruh produk yang dijual di platform LazMall yang tersedia dalam aplikasinya maupun lamannya. Sebab, Lazada bekerja sama dengan produsen atau distributor resmi dari tiap-tiap brand.
Sejumlah brand kenamaan favorit konsumen tersebut antara lain HP, L’Oreal, Philips, Planet Sports, Ramayana, Samsung, Sweety, Unilever, Wardah dan masih banyak lagi.