Jejak Jokowi dalam 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia Sejak 2014

Martha Ruth Thertina
6 Oktober 2019, 14:49
Jokowi, Jokowi Tokoh Muslim Paling Berpengaruh, Daftar Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat membuka Konferensi Hukum Tata Negara VI di Istana Negara Jakarta, Senin (2/9/2019).

Presiden Joko Widodo masuk dalam daftar 50 tokoh muslim paling berpengaruh dunia dalam buku The Muslim 500, The World’s 500 Most Influential Muslims 2020 yang diterbitkan The Royal Islamic Strategic Studies Centre. Ini merupakan ke-enam kalinya ia masuk dalam daftar tersebut.

Jokowi berada di posisi 13 dunia. Di posisi tiga teratas, terdapat akademisi dan pemimpin Deobandi Sheikh Muhammad Taqi Usmani, pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Hajj Sayyid Ali Khamenei, dan Putra Mahkota Abu Dhabi dan Deputi Komandan Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan.

Advertisement

Selain Jokowi, tokoh Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut yaitu Ketua Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj. Ia berada di posisi 19 dunia. Ini juga bukan pertama kalinya Said Aqil masuk dalam daftar tersebut.  

(Baca: Dukung Perppu KPK, Tokoh Senior Minta Jokowi Tak Gentar Pemakzulan)

Adapun The Royal Islamic Strategic Studies Centre membuat daftar ini sejak 2009. Tokoh yang masuk dalam daftar merupakan mereka yang dinilai berpengaruh dalam 13 sektor/kategori, yaitu akademik, politik, bidang keagamaan, penceramah dan penuntun spiritual, filantropi, isu sosial, bisnis, sains dan teknologi, seni dan budaya, pembaca Alquran, media, selebritas dan bintang olahraga, serta ekstrimis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement