Bakrie Getol Ekspansi Bisnis Hulu Migas, dari Kangean hingga Mozambik

Martha Ruth Thertina
23 Agustus 2019, 08:54
Bakrie Blok Kangean, Energi Mega Persada (EMP/ENRG), Kinross International, Bakrie Mozambik, EMP Mozambik
Energi Mega Persada
Blok Malacca Straits, salah satu blok migas kelolaan Energi Mega Persada.

Perusahaan dari kelompok Bakrie tengah gencar ekspansi di bisnis hulu migas. Anak usaha Energi Mega Persada (EMP) baru saja meneken kesepakatan pengembangan blok gas Buzi EPCC di Mozambik. Di sisi lain, Kinross International berencana mencaplok 25% saham Mitsubishi Corporation di blok gas Kangean, Jawa Tmur.

EMP melalui anak usahanya Buzi Hydrocarbons (BHPL) menguasai 75% saham di blok Buzi, sisanya dipegang perusahaan migas pelat merah Mozambik, Empressa Nacional de Hidrocarbonetos (ENH). Kedua perusahaan meneken kesepakatan pengembangan pada 20 Agustus 2019, dengan estimasi nilai investasi mencapai US$ 50 juta atau sekitar Rp 711 miliar.

Advertisement

(Baca: Energi Mega Rugi US$ 12,7 Juta pada 2018, Produksi Gas Turun)

Aktivitas pengeboran di blok tersebut ditargetkan mulai berjalan pada Oktober 2019. "Kesepakatan bisnis ini merupakan wujud dari komitmen perusahaan untuk meningkatkan produksi serta cadangan migas," kata Chief Investment Officer EMP Taufan Rotorasiko melalui keterangan tertulis. Selain di Mozambik, EMP memegang working interest pada enam kontrak kerja sama migas di dalam negeri.  

Di sisi lain, perusahaan Bakrie lainnya, Kinross International berencana mengakuisisi 25% saham Mitsubishi Corporation di Blok Kangean, Jawa Timur. Untuk itu, Kinross bakal menarik pinjaman sebesar US$ 88,25 juta atau sekitar Rp 1,25 triliun. EMP akan meminta persetujuan pemegang saham untuk menjamin penuh pinjaman Kinross.

(Baca: Jalan Memutar Grup Bakrie Caplok 25% Saham Mitsubishi di Blok Kangean)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement