Telkomsel Akan Pertahankan Jaringan 2G dan 4G, Bagaimana Nasib 3G?

Martha Ruth Thertina
1 Mei 2019, 04:32
Telkomsel mengeluarkan jaringan 3G dari roadmap bisnisnya.
Telkomsel mengeluarkan jaringan 3G dari roadmap bisnisnya.

Perusahaan telekomunikasi Telkomsel tidak berniat untuk mematikan jaringan 2G dalam waktu dekat. Ini berbanding terbalik dengan pesaingnya, XL Axiata, yang berencana menonaktifkan jaringan tersebut seiring turunnya pelanggan terkait. Sejauh ini, peta jalan (roadmap) bisnis Telkomsel adalah mempertahankan jaringan 2G dan 4G.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, pihaknya memang mengurangi spektrum 2G tapi pemanfaatan jaringan tersebut masih sangat longgar sehingga pelanggan terkait dipastikan tetap terlayani dengan baik. “Tidak ada intensi (untuk mematikan),” kata dia dalam Media Gathering di Bali, Selasa (30/4).

Advertisement

Keputusan tesebut seiring masih banyaknya masyarakat yang menggunakan telepon selular (ponsel) biasa – bukan ponsel pintar – dengan teknologi 2G. Ini sedikit banyak tercermin dari kontribusi pendapatan layanan suara dan SMS yang masih tinggi, yakni mencapai 39% pada kuartal I 2019, sedangkan layanan data mencapai 61%.

(Baca: Layanan Melonjak Saat Lebaran, Telkomsel Bangun 10 Ribu BTS 4G)

Meski belum berniat mematikan jaringan 2G, namun Ririek menyatakan pihaknya akan memfasilitasi migrasi dari jaringan 2G ke 4G. Strategi yang disiapkan di antaranya layanan migrasi jaringan tanpa perlu ke Grapari dan pembelian ponsel pintar dengan cicilan yang ringan. “Nanti akan kami fasilitasi sehingga migrasi jadi lebih mudah dan terjangkau,” ujarnya.

Direktur Jaringan Telkomsel Bob Apriawan menjelaskan, dalam roadmap-nya saat ini, Telkomsel memilih untuk mempertahankan jaringan 2G dan 4G. Roadmap selanjutnya -- setelah meluncurkan 5G -- perusahaan akan mengoperasikan jaringan 2G, 4G, dan 5G. “Selanjutnya lagi, 4G dan 5G,” ujarnya.

Lantas, bagaimana nasib jaringan 3G? Seiring dikeluarkannya jaringan 3G dari roadmap, Bob mengatakan pihaknya terus mendorong migrasi dari jaringan tersebut ke 4G. Adapun alasan dikeluarkannya jaringan 3G dari roadmap di antaranya lantaran kinerja jaringan tersebut tidak stabil. 

Menurut Bob, perusahaan telekomunikasi di negara lain juga banyak yang memilih untuk mempertahankan 2G dan 4G, tanpa 3G. "Ini pilihan," kata dia. Namun, ia tidak memerinci target waktu Telkomsel atas rencana tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement