APEC Sepakati Digitalisasi Perdagangan dan Konektivitas UMKM

Michael Reily
28 Mei 2018, 12:00
Apec 2017
ANTARA FOTO/REUTERS/Kham
Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc (tengah, depan) berdiri bersama menteri perdagangan negara APEC dalam pertemuan Menteri APEC Bertanggungjawab Untuk Perdagangan (APEC MRT 23) di Hanoi, Vietnam, Sabtu (20/5).

Pertemuan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) untuk para menteri perdagangan di Asia Pasifik menghasilkan kesepakatan untuk optimalisasi teknologi digital dalam perdagangan global. Pertemuan di Papua Nugini pada 25 dan 26 Mei 2018 menyorot pertumbuhan inklusif dan penguatan konektivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam kegiatan ekonomi internasional.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo, menekankan pentingnya unsur inklusivitas dalam pertumbuhan ekonomi. Perkembangan internet dan teknologi digital telah banyak mengubah pola aktivitas global, termasuk perdagangan.

“Kami ingin seluruh masyarakat mendapat manfaat ekonomi sebesar-besarnya karena perubahan tersebut dapat mendorong pemerataan kesejahteraan,” kata Iman melalui keterangan resminya, Ahad lalu. (Baca juga: Pemimpin AS, Australia Hingga Jepang Puji Indonesia di Forum APEC).

Kesepakatan inovasi digital dalam perdagangan global didukung oleh APEC Action Agenda on Advancing Economic, Financial, and Social Inclusion; APEC Framework on Cross-border E-Commerce Facilitation; dan APEC Internet and the Digital Economy Road-Map. Pemicu pengembangan program ini karena inovasi digital membawa peluang sekaligus tantangan untuk ekonomi.

Menurut Iman, Indonesia sudah siap menyambut fenomena ekonomi berbasis digital. Pemerintah pun berencana menyiapkan berbagai kebijakan yang menguntungkan sekaligus memberi kepastian dan keamanan.

UMKM di Indonesia, kata Imam, mewakili 99 persen pelaku bisnis sehingga platform e-commerce memegang peranan penting. Pemerintah pun memberikan fasilitasi e-commerce supaya UMKM mampu meningkatkan daya saing dan menembus pasar global secara maksimal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...