Pemimpin AS, Australia Hingga Jepang Puji Indonesia di Forum APEC

Michael Reily
13 November 2017, 16:42
Jokowi G20
ANTARA FOTO/REUTERS/Ludovic Marin/Pool
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump (tengah) disaksikan Presiden Perancis Emmanuel Macron (kiri) saat sesi foto bersama pada hari pertama KTT G-20 di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7).

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji kinerja ekonomi Indonesia yang berhasil berangkat dari kemiskinan menjadi salah satu negara yang pertumbuhannya tinggi. Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga tak ketinggalan.

Pujian dilontarkan oleh Trump saat berpidato dalam pembukaan forum Asia Pasific Economic Cooperation (APEC), Da Nang, Vietnam, Jumat (10/11) lalu. "Sejak 1990-an, rakyat Indonesia telah mengangkat diri mereka dari kemiskinan menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di G20," kata Trump seperti dilansir BBC.

Advertisement

Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, Trump menilai telah terjadi perubahan yang luar biasa di Indonesia. Selain itu, dia menekankan bahwa negara-negara di Asia Pasifik harus menjadi lebih terbuka dan bebas dalam perdagangan dunia.

"Indonesia selama beberapa dekade telah membangun institusi domestik dan demokratis untuk mengelola wilayah luas yang terdiri dari 13 ribu pulau," ujar Trump lagi. Ia pun terkejut saat diberi tahu bahwa Indonesia memiliki 17 ribu pulau.

(Baca juga: Asia Pasifik Bakal Jadi Kawasan Perdagangan Bebas pada 2020)

Selain Trump, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull juga menyatakan Indonesia berperilaku positif dalam melaksanakan sinergi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Peningkatan indeks kemudahan berbisnis yang terjadi di Indonesia juga menjadi sorotan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement