Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji keberhasilan Indonesia mengentaskan kemiskinan.
Jokowi G20
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump (tengah) disaksikan Presiden Perancis Emmanuel Macron (kiri) saat sesi foto bersama pada hari pertama KTT G-20 di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7). ANTARA FOTO/REUTERS/Ludovic Marin/Pool

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji kinerja ekonomi Indonesia yang berhasil berangkat dari kemiskinan menjadi salah satu negara yang pertumbuhannya tinggi. Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga tak ketinggalan.

Pujian dilontarkan oleh Trump saat berpidato dalam pembukaan forum Asia Pasific Economic Cooperation (APEC), Da Nang, Vietnam, Jumat (10/11) lalu. "Sejak 1990-an, rakyat Indonesia telah mengangkat diri mereka dari kemiskinan menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di G20," kata Trump seperti dilansir BBC.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, Trump menilai telah terjadi perubahan yang luar biasa di Indonesia. Selain itu, dia menekankan bahwa negara-negara di Asia Pasifik harus menjadi lebih terbuka dan bebas dalam perdagangan dunia.

"Indonesia selama beberapa dekade telah membangun institusi domestik dan demokratis untuk mengelola wilayah luas yang terdiri dari 13 ribu pulau," ujar Trump lagi. Ia pun terkejut saat diberi tahu bahwa Indonesia memiliki 17 ribu pulau.

(Baca juga: Asia Pasifik Bakal Jadi Kawasan Perdagangan Bebas pada 2020)

Selain Trump, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull juga menyatakan Indonesia berperilaku positif dalam melaksanakan sinergi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Peningkatan indeks kemudahan berbisnis yang terjadi di Indonesia juga menjadi sorotan.

Turnbull juga meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) berperan aktif mengatasi konflik di Rakhine State, Myanmar. Selain itu, Indonesia juga diundang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Australia yang akan dilaksanakan pada Maret 2018.

Sementara, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memuji iklim investasi Indonesia yang dianggap semakin kondusif sejak beberapa tahun terakhir. Pernyataan ini disampaikannya langsung kepada Jokowi dalam pertemuan bilateral di Hotel Diamond, Manila, Filipina pada Ahad (12/11) kamarin.

(Baca juga:  OJK Dukung Akuisisi Danamon oleh Bank of Tokyo)

"Terima kasih atas kepemimpinan Presiden Jokowi, iklim investasi di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan," ucap PM Abe sebagaimana disampaikan dalam keterangan tertulis Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Keduanya melakukan pertemuan bilateral sekaligus mempersiapkan berbagai kegiatan bersama menjelang tahun depan sebagai puncak perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

Michael Reily
Artikel Terkait
Ada tiga ruas jalan tol yang akan diresmikan bulan depan yakni, Soreang - Pasir Koja , Surabaya - Mojokerto, dan Solo - Ngawi.
Pada 2019, Indonesia dinilai sudah bisa menikmati hasil dari pembangunan infrastruktur yang gencar dibangun sejak 2015.
"Saya pikir (Indonesia) lebih baik ketimbang negara seperti model Mexico," kata Chaves