Duet Pelni-Garuda Perluas Pengiriman Kargo

Image title
24 Mei 2018, 19:36
Tol Laut
Arief Kamaludin|KATADATA
Kapal tol laut ini merupakan Kapal Caraka Jaya Niaga III-4 milik PT Pelni, yang melayani jalur Jakarta-Kepulauan Natuna dan beroperasi secara berjadwal.

PT Garuda Indonesia bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) untuk memperluas jangkauan layanan pengiriman kargo. Melalui langkah ini, kedua perusahaan dapat saling mengisi jalur distribusi kelogistikan.

Kolaborasi kedua perusahaan pelat merah ini diikuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) anak usaha keduanya, PT Sarana Bandar Logistik dan PT Aero Jasa Cargo di kantor pusat Pelni, Jakarta, Kamis (24/5). (Baca juga: Kemenhub dan Pengusaha Cari Cara Efisiensikan Pelabuhan).

Direktur Utama Pelni Insan Purwarisya mengatakan kapal mereka bersandar di 94 pelabuhan. Sementara Garuda memiliki 62 destinasi pendaratan pesawat. “Kalau kita sinergikan menjadi angka yang luar biasa untuk kelogistikan. Ini yang kami kerja samakan, bagaimana barang-barang itu distribusikan dengan baik,” kata Insan usai penandatanganan PKS ini.

Menurut Insan, jika barang-barang yang dikirim melalui Pelni perlu percepatan waktu bisa diangkut oleh Garuda. Sebab, hal yang dibutuhkan dalam bisnis pengiriman barang adalah kecepatan dan kenyamanan bagi para pelanggan.

Adapun bagi Garuda, bila ada pengiriman barang yang tidak terdapat tujuan destinasi pesawatnya, Pelni bisa mengangkut barang ke tujuan tersebut. “Ongkosnya tetap kita (masing-masing) yang menanggung,” ujar Insan. (Baca pula: Upaya Kemenhub Optimalkan Logistik Jalur Laut).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...