Anoboy: Memahami Sejarah Situs Nonton Anime Indonesia

Anoboy merupakan salah satu situs nonton anime gratis di Indonesia yang sudah ditonton sebanyak 11 pengunjung
Image title
24 Mei 2021, 07:25
Anoboy: Memahami Sejarah Situs Nonton Anime Indonesia
123rf
Ilustrasi.

Anoboy dikenal sebagai salah satu situs nonton anime yang dapat diakses secara online. Cara ini sangat cocok bagi para penikmat tontonan anime dengan jalan cerita yang seru, terlebih efek animasinya sangat memanjakan mata.

Menonton anime menjadi wadah refreshing bagi banyak orang terutama para fans anime dan manga. Menunggu update rilis tiap minggu menjadi kebiasaan yang sering kali dilakukan oleh pecinta anime.

Bagi sebagian fans, situs Anoboy sudah tidak asing lagi sebab menonton anime disitus resmi atau situs berbayar membutuhkan banyak biaya yang tidak murah. Apalagi saat fans anime tidak ingin menginginkan menonton semua anime dan hanya ingin menikmati beberapa anime saja.

Meskipun terdapat banyak situs online nonton anime di Indonesia, pilihan yang beragam membuat banyak fans anime hanya membutuhkan akses gratis menonton seperti di situs Anoboy yang kini memiliki alamat barunya yakni anoboy.media. Situs tersebut memiliki banyak sekali pilihan anime yang bisa ditonton mulai dari one piece, naruto, boruto, attack of titan, dan lainnya. Semua bisa dengan mudah ditonton dan di-download.

Situs Anoboy pertama kali dirancang pada 2016. Dulu mereka menggunakan subdomain dari blogspot milik Google. Sehingga pemilik Anoboy tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar server untuk hosting website karena blogspot menjadi layanan gratis dari Google.

Namun, seiring berjalannya waktu ada kebutuhan streaming, ads, dan fitur-fitur lain yang sulit jika dikembangakan menggunakan servis blogger.com. Pemilik Anoboy pun beralih menggunakan platform WordPress dan mengatur instalasi dengan domain Anoboy.com.

Anoboy.com menjadi domain pertama yang resmi dimiliki oleh Anoboy. Tapi marak aktivitas pembajakan yang dilakukan Anoboy. Bnyak pihak melaporkan situs Anoboy.com ini ke DMCA. Hal tersebut lantas membuat akses ke Anoboy.com menjadi lebih sulit dan membuat pemilik harus mencari nama domain dengan ekstensi baru.

Anoboy lalu berpindah dari Anoboy.com ke Anoboy.stream dan perpindah lagi ke Anoboy.tube atau Anoboy.video, Anoboy.best, dan yang terakhir berpindah lagi ke Anoboy.media. Kemungkinan nasib Anoboy di masa depan masih terus berpindah-pindah.

Terdapat 49 judul anime aktif yang berhasil digarap oleh tim Anoboy sehingga mereka tidak main-main dengan bisnis yang selalu siap 24 jam. Hal tersebut tentu saja menjadi daya tarik bagi penikmat entertainment di Indonesia.

Banyak masyarakat yang mendirikan website nonton anime seperti Anoboy. Ada banyak sekali jenis entertainment website yang bisa Anda jumpai sebab pasar ndonesia sangatlah besar.

Tak heran jika saat ini Youtube, Netflix, dan lainnya sangat gencar menyasar pasar Indonesia. Sebelum berpindah ke Anoboy.media, pada akhir 2020 Anoboy berhasil meraup 11 juta lebih kunjungan/user. Rata-rata tiap pengunjung membuka empat halaman dalam satu bulan. Artinya, lebih dari 44 juta kali halaman-halaman web di situs tersebut sudah dibuka dalam sebulan.

Pengunjung Anoboy meruapakan user yang setia. Sebanyak 94 % user dapat dengan mudah datang hanya dengan mengetik di alamat web Anoboy di browser mereka.  Anda pun tinggal menikmati tontonan anime online tanpa harus memikirkan berapa yang harus dibayar. Hanya butuh modal paket internet semua bisa dinikmati dengan mudah dan murah meriah.

Di sisi lain, menikmati konten yang disediakan oleh Anoboy merupakan hal yang bisa dikategorikan ilegal, sebab situs tersebut tidak memiliki hak siar atau lisensi resmi dari rumah produksi anime. Itulah alasan mengapa situs Anoboy sering berganti domain karena pihak operator sudah menandai situs tersebut sebagai situs ilegal dan otomatis user akan diblok, sehingga user harus putar otak untuk memakai VPN.

Reporter: Aisyah Rahmatul Fajrin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait