5 Cara yang Bisa Digunakan untuk Download Video dari Youtube

5 cara bisa digunakan untuk mendownload video di youtube dengan mudah dan cepat
Image title
24 Mei 2021, 17:45
Ilustrasi download video youtube
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi download video youtube

Saat ini, banyak orang merasa bahwa YouTube merupakan pilihan utama untuk memperoleh hiburan layaknya televisi pada masa lalu. Namun sejak dua tahun belakangan, jumlah penonton televisi sudah mulai berkurang hingga 60%.

Terlebih di masa pandemi corona masyarakat lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Tak heran, jika YouTube menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan hiburan dengan beragam konten yang sudah ditawarkan.

Menonton Youtube bisa dibilang sebagai kebutuhan, sehingga penting untuk mendapatkan kualitas video yang bagus dan kecepatan internet yang cepat untuk download video YouTube menggunakan HP. Jika ingin men-download video di channel YouTube favorit Anda, ada beberapa cara mudah berikut ini:

1. Savefrom.net

Download video YouTube hanya perlu dilakukan dengan masuk ke laman saveform.net di url, lalu enter. Setelah itu, Anda hanya perlu copy dan paste link video yang ingin di-download dan pilih format dan kualitas video seperi MP4, WEBM, 3GP, MP3, dan lainnya.

Advertisement

Cara lain menggunakan savefrom.net untuk men-download video yakni langsung masukkan url video YouTube dengan menambahkan huruf 'SS' di depan youtube.com. Contohnya https://www.SSyoutube.com/watch?abcdefghijk. Cara tersebut dengan mudah dilakukan melalui laptop ataupun handphone.

2. Videoder

Cara ini membutuhkan aplikasi bernama videoder yang kompatibel dengan berbagai perangkat mulai dari Android, Mac, hingga Windows. Anda juga bisa men-download video dengan memilih formatnya sesuai keinginan, bahkan bisa men-download secara bersamaan.

Videoder juga bisa digunakan untuk download video dari media sosial lainnya seperti Instagram dan facebook. Caranya, Anda harus download aplikasi Videoder terlebih dahulu. Lalu masuk ke aplikasi dan klik icon media sosial di video yang hendak di-download, seperti YouTube.

Setelah itu, akan muncul di interface Videode dan Anda akan dialihkan ke YouTube secara langsung. Anda hanya perlu mencari dan membuka video dituju, selanjutnya tombol download akan tersedia secara otomatis tinggal pilih format dan kualitas video yang ingin di-download.

3. Free YouTube Download

Aplikasi Free YouTube Download merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk download video YouTube populer. Aplikasi tersebut sudah dirilis sejak 2006 dan bisa digunakan di sistem operasi komputer Mac dan Windows.

Anda hanya perlu men-download aplikasi tersebut, kemudian copy link url video YouTube yang hendak di-download. Selanjutnya klik tombol+paste pada aplikasi Free YouTube Downloader. Secara otomatis video akan masuk ke daftar unduhan dan bisa langsung Anda download usai klik tombol warna biru bertuliskan 'Download'

4. TubeMate

Aplikasi download video Youtube selanjutnya adalah TubeMate. Aplikasi ini lebih populer karena sudah sering digunakan oleh banyak orang ketika hendak mengunduh video dari YouTube. TubeMate memiliki desain interface yang menarik sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan download video dari aplikasi tersebut.

Aplikasi ini juga menyediakan beberapa pilihan kualitas video yang ingin di-download sehingga memudahkan pengguna untuk memilih resolusi konten sesuai dengan kebutuhan. Untuk menggunakan TubeMate, Anda buka aplikasinya terlebih dahulu, lalu pilih video yang ingin diunduh dari YouTube. Selanjutnya pilih kualitas video yang diinginkan, tersedia mulai dari 144p hingga FullHD 1080p.

5. YouTube Go

YouTube Go menjadi salah satu aplikasi download video YouTube khusus untuk Android karena cukup ringan, sehingga dapat dengan mudah digunakan untuk handphone dengan spesifikasi rendah. Sama halnya seperti TubeMate, YouTube Go juga memiliki fasilitas yang memberikan berbagai macam pilihan kualitas video yang ingin di-download.

Untuk menggunakan YouTube Go, Anda bisa download aplikasi ini di appstore dan pilih kualitas video mulai dari kualitas basic, standar, dan tinggi. Aplikasi ini juga memudahkan Anda untuk membagikan video hasil download kepada teman tanpa menggunakan jaringan internet.

Reporter: Aisyah Rahmatul Fajrin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait