Google Classroom Hadir Agar Bisa Belajar dengan Mudah dan Praktis

Image title
25 Mei 2021, 16:30
Ilustrasi siswa yang belajar secara online menggunakan google classroom
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/aww.
Ilustrasi siswa yang belajar secara online menggunakan google classroom.

Google classroom merupakan salah satu platform yang bisa digunakan untuk berinteraksi antara pengajar dan muridnya. Aplikasi ini marak digunakan sejak institusi pendidikan di Indonesia menerapkan kebijakan agar siswa dan mahasiswa belajar di rumah saja saat pandemi corona.

Kebijakan tersebut otomatis membuat sebagian besar aktivitas belajar dan mengajar yang biasanya bertemu dengan tatap muka di kelas beralih menggunakan sistem daring. Google Classroom menjadi platform yang sering dijadikan sebagai pilihan oleh tenaga pendidik.

Google Classroom merupakan platform untuk berinteraksi secara efektif antara pelajar dan pengajar dalam kelas online. Aplikasi tersebut memiliki beragam fasilitas di antaranya dapat digunakan untuk berbagi materi pelajaran atau silabus, untuk memberikan atau mengirimkan tugas, dan dimanfaatkan untuk mengadakan ujian atau kuis.

Selain itu, tanya jawab dapat dilakukan secara interaktif. Bahkan aplikasi ini juga bisa melihat tugas mendatang di Google Calendar sehingga cocok dijadikan opsi untuk belajar online karena gratis dan relatif aman pada pemakaian smartphone.

Perlu diketahui bahwa aplikasi layanan berlajar tersebut merupakan bagian dari G Suite yang terhubung ke fitur-fitur seperti Google Drive, Hangouts Meet, Kelender, Jamboard, Form, Docs, Sheets, Slide, dan Gmail. Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui smartphone di App Store atau Play Store.

Google Classroom juga bisa digunakan dalam bahasa Indonesia. Anda hanya perlu mengubah pengaturan bahasa di gadget ke bahasa Indonesia. Jika ingin log in di Google Classroom, perhatikan penjelasan berikut ini:

1. Masuk ke aplikasi Google Classroom.
2. Pilih Get Started dan masukkan alamat email yang ingin digunakan untuk bergabung.
3. Klik tanda plus (+) di pojok kanan.
4. Muncul dua pilihan yaitu Join Class dan Create Class. Jika ingin bergabung di salah satu kelas, maka pilihlah Join Class.
5. Masukkan kode kelas sebanyak 7 digit yang sudah diberikan oleh dosen/guru.
6. Jika sudah resmi tergabung, Anda bisa langsung check tugas dan materi yang sudah dibagikan oleh pengajar di Stream/Classwork.

Untuk membuat kelas Google Classroom, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memudahkan Anda membuka kelas baru.

1. Masuk ke aplikasi Google Classroom.
2. Pilih Get Started dan masukkan alamat email yang ingin digunakan untuk bergabung.
3. Klik tanda plus (+) di pojok kanan.
4. Akan muncul dua pilihan yakni Join Class dan Create Class. Pilihlah Create Class.
5. Ada dua pilihan peran yakni sebagai teacher/student. Pilihlah salah satunya.
6. Jangan lupa isi class name, subject, section, dan room sesuai dengan kebutuhan Anda.
7. Setelah kelas selesai dibuat, Google Classroom dengan otomatis generate class code yang bisa dibagikan kepada murid Anda agar bisa Join Class.

Jika ingin mengirimkan materi, memberikan tugas, atau mengadakan kuis, Anda bisa mengguggahnya di bagian Classwork. Agar lebih menghemat waktu, pertanyaan kuis sebaiknya dijadikan satu file dan unggah dengan klik Add. Jangan lupa tuliskan skor maksimum yang bisa didapat murid Anda dan tenggat waktu, selanjutnya klik Assign.

Lakukan hal yang sama jika ingin mengirimkan tugas berupa daftar pertanyaan. Ulangi langkahnya dengan klik Add, tetapkan skor maksimum dan tenggat waktu, lalu klik Ask. Demikian cara mudah untuk membuat Google Classrom agar bisa digunakan dalam proses belajar mengajar.

Perlu diingat agar tidak membagikan kode kelas dengan sembarangan sebagai keamanan dalam proses belajar mengajar. Sebaiknya diiringi dengan melakukan penjelasan tatap muka melalui Google Meet, Aplikasi Zoom Meeting, atau Skype.

Reporter: Aisyah Rahmatul Fajrin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait